Dampak bermain game online terhadap kepribadian sosial anak SDN - 1 Bahaur Kabupaten Seruyan

Pebrianti, Yuli (2021) Dampak bermain game online terhadap kepribadian sosial anak SDN - 1 Bahaur Kabupaten Seruyan. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Yuli Pebrianti - 1701112211.pdf

Download (904kB)

Abstract

Game online saat ini menjadi salah satu permainan yang marak saat ini dimainkan oleh generasi muda bahkan anak-anak diusia sekolah dasar. Sehingga dengan bermain game online anak akan menjadi kurang berkegiatan di dunia nyata seperti berinteraksi dengan teman sebaya dan belajar. Orang tua harus selalu mengawasi dan membimbing anak agar tidak terpengaruh interaksi sosial anak terhadap lingkungan sekitar dan dunia nyatanya. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah, 1) untuk mengidentifikasi dampak positif dari permainan game online terhadap kepribadian sosial anak SDN – 1 Bahaur Kabupaten Seruyan. 2) untuk mengidentifikasi dampak negatif dari permainan game online terhadap kepribadian sosial anak SDN – 1 Bahaur Kabupaten Seruyan

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian berjumlah tujuh orang anak SDN – 1 Bahaur sedangkan sebagai informan adalah dua orang guru dan tiga orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan pada teknik pengabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber, adapun analisis data menggunakan empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) dampak positif bermain game online terhadap kepribadian sosial anak SDN – 1 Bahaur meliputi a) membantu bersosialisasi; b) kerja sama; c) simpati 2) sedangkan dampak negatif bermain game online terhadap kepribadian sosial anak SDN – 1 Bahaur adalah a) adiksi/ kecanduan b) berbicara kasar dan kotor, c) pembangkang; d) berselisih atau bertengkar; e) mengganggu orang lain.

ABSTRACT

Online games are now one of the most popular games currently played by the younger generation and even children at elementary school age. Therefore, playing online games, children will become less active in the real world such as interacting with peers and learning. Parents should always supervise and guide the child so as not to be affected by the children's social interactions with the surrounding environment and the real world. Therefore, the purpose of this research is, 1) to identify the positive impact of playing online game on the social personality of children of SDN – 1 Bahaur, Seruyan Regency. 2) To identify the negative impact of playing online games on the social personality of children SDN – 1 Bahaur, Seruyan Regency.

This study used descriptive qualitative research method with seven children from SDN – 1 Bahaur while as informants were two teachers and three parents. Data collection techniques used observation, interview, and documentation. Source triangulation are used on data collection techniques. Data analysis had four stages which were data collection, data reduction, data presentation, and conclusion.

The result showed that 1) The positive impact of playing online games on the social personality of SDN–1 Bahaur children includes a) helping to socialize; b) cooperation; c) sympathy 2) while the negative impact of playing online games on the social personality of children SDN – 1 Bahaur is a) addiction b) speaking rudely and dirtily, c) dissidents; d) quarrel; e) disturbing people.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Dampak Game Online
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 09 Aug 2021 06:59
Last Modified: 09 Aug 2021 07:00
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3377

Actions (login required)

View Item View Item