Pengembangan media pembelajaran berbasis WEB pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 palangka Raya

Sahrullah, Muhammad (2020) Pengembangan media pembelajaran berbasis WEB pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Muhammad Sahrullah - 1501112022.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari perkembangan teknologi dan informasi yang berdampak besar terahadap dunia pendidikan. Pemanfaatan web sebagai media pembelajaran dirasa sesuai dengan gaya belajar siswa yang sudah mengarah ke era digital, pembelajaran berbasis web adalah suatu kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media situs (Website) yang bisa diakses melalui jaringan internet. akses jaringan internet yang di sediakan sekolah maka media pembelajaran berbasis web dapat di pakai oleh guru sebagai salah satu media pembelajaran yang mana guru masih menerapkan pembelajaran konvensional dalam setiap pembelajaran. penelitian ini memfokuskan pada masalah Bagaimana Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis WEB Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan: 1) Menghasilkan media pembelajaran berbasis website pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam; 2) Mendeskripsikan hasil tanggapan siswa terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Pendekatan penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) atau R&D tahap 2 yaitu menerapkan, memvalidasi dan menguji kefektifitasan produk, Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model ADDIE yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Data penelitian diperoleh melalui observasi, Kusioner, dan Dokumentasi. Selanjutnya taknik analisis data dengan menggunakan hasil skor dari validasi ahli media, ahli materi dan tanggapan siswa terhadap media pembelajaran berbasis web.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan yang peneliti lakukan ialah melakukan analsis karakter peserta didik, analisis media, dan analisis data ahli media dan materi, mendesain media dengan aplikasi website berupa blog, pengembangan media pada materi, desiain produk, dan validasi, uji coba dilakukan kepada 28 siswa kelas X, implementasi media yang dikembangkan selanjutnya diberikan kepada guru untuk diterapkan kepada siswa didalam kelas, kemudian evaluasi secara bertahap terhadap media berdasarkan tanggapan ahi dan siswa terhadap media yang dikembangkan. 2) Tanggapan siswa terhadap Media Pembelajaran dengan memberikan angket sebanyak 28 siswa menggunakan media pembelajaran berbasis web pada materi aku selalu dekat dengan Allah, bahwa media yang dikembangkan “layak” digunakan sebagai media pembelajaran di kelas X SMAN 2 Palangka Raya.

Abstract

This research is based on the development of technology and information that has developed greatly towards the world of education. Utilization of the web as a learning medium in accordance with the learning styles of students who are heading towards the digital era, web-based learning is a learning activity that utilizes website media that can be accessed through the internet network. internet network access provided by the school then the web-based learning media can be used by the teacher as one of the learning media where the teacher still uses learning in every learning. This research focuses on the problem of How to Develop WEB-Based Learning Media in Islamic Religious Education Subjects at SMAN 2 Palangka Raya.This research studies: 1) Producing web-based learning media on Islamic Religious Education subjects; 2) Describe the results of student responses to the use of web-based learning media in Islamic Religious Education subjects.

Related to this research is research and development (Research & Development) or R&D related to products, instructional media development, using ADDIE models which include Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Research data obtained through observation, questionnaire, and documentation. Furthermore, data analysis using the results score from the validation of media experts, material experts and student responses to web-based learning media.

The results of the research show: 1) the development by the researcher carries out student character analysis, media analysis, and data analysis of media and material experts, then designs the media with a web site application that contains a blog, media development on materials, desired products, validation, tests try to do 28 students of class X, implement the developed media then given to the teacher to be used for students then the researcher gives a questionnaire to students about perceptions of the developed media, then a further evaluation of the media based on the assessment of students and the media developed. 2) Inviting students about Learning Media by providing a questionnaire of 28 students using web-based learning media that are close to God, the media developed "feasible" is used as a learning medium in class X SMAN 2 Palangka Raya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: WEB;Media Pembelajaran; Pengembangan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 09 Aug 2021 02:37
Last Modified: 09 Aug 2021 02:37
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3372

Actions (login required)

View Item View Item