Penerapan model guided inquiry terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa dengan berbantukan program one day one diary for science pada materi suhu dan kalor

Susanti, Wiwit (2020) Penerapan model guided inquiry terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa dengan berbantukan program one day one diary for science pada materi suhu dan kalor. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Wiwit Susanti - 1301130290.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) terdapat tidaknya perbedaan yang signifikan kemampuan hasil belajar siswa (kognitif dan psikomotorik) (2) terdapat tidaknya perbedaan yang signifikan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran guided inqury dan model guided inqury berbantukan program one day one diary for Science (3) bagaiamana pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran guided inqury berbantukan program one day one diary for Science.(4) bagaimana aktivitas belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran Guided Inquiry dan model pembelajaran Guided Inquiry terbantukan program one day one diary for Science .

Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasy Experiment dengan model matching pretest-posttest comparation group design dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel yang dipilih yaitu kelas X IPA 1 dan X IPA 2. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Palangka Raya pada 16 Agustus 2018 sampai dengan 16 Oktober 2018. Instrumen yang digunakan adalah hasil belajar psikomotorik, hasil belajar kognitif siswa, aktivitas belajar siswa, dan lembar pengelolaan pembelajaran.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan serangkaian uji penelitian maka terdapat peningkatan pada kemampuan hasil belajar kognitif siswa dengan nilai rata-rata untuk kelas kontrol pre-tes sebesar 9,508 dan post-test sebesar 56,125 sedangkan untuk kelas eksperimen pre-tes 19,834 dan post-tes 63,402 (2) terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar psikomotorik siswa dengan nilai rata-rata untuk kelas kontrol pre-tes sebesar 59,482 dan post-test sebesar 70,862 sedangkan untuk kelas eksperimen pre-tes 65,161 dan post-tes 68,145 dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model dan program ini berhasil dan sesuai dengan harapan peneliti (3) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap aktivitas belajar siswa setiap pertemuan (5) Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh 3 orang pengamat akhli dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika IAIN Palangka Raya bahwa pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran guided inqury dan guided inqury berbantukan program one day one diary for Science berjalan sesuai harapan peneliti. Semua aspek dalam tahapan pembelajaran berjalan sebagaimana mestinya. Meskipun kadang terdapat beberapa kendala namun dapat diatasi dengan baik.

ABSTRACT

The study aimd to determine: (1) there is a significant difference in the ability of stundence un the outcome (cognitive and psychomotoric) (2) there is a significant difference in student learning activir tes by using guided inqury learning model aided by one day one diary for science (3) whathere or not there is an increase in learning outcome (cognitive and psychomotor) student (4) there is an increase in student learning activites by using guided inqury model aided one day one diary for science program.

This study uses the Quasy Experiment research method with a pretest-posttest comparation group design matching model with sampling using purposive sampling, the selected sample is class X IPA 1 and X IPA 2. This research was conducted at SMAN 4 Palangka Raya on August 16 2018 until October 16 2018. The instruments used were psychomotor learning, student cognitive learning, student learning activities, and learning management sheets.

The results showed that: (1) based on research conducted with a series of research tests, there was an increase in the ability of students' cognitive learning outcomes with an average value for the pre-test control class of 9.508 and post-test of 56.125 while for the pre-experimental class test 19,834 and post-test 63,402 (2) there was a significant increase in student psychomotor learning outcomes with an average value for the pre-test control class of 59,482 and post-test of 70,862 while for the experimental class pre-test 65,161 and post-test 68,145 it can be concluded that the use of this model and program was successful and in accordance with the expectations of researchers (3) there were significant differences in student learning activities at each meeting (5) Based on observations made by 3 expert observers from students of Physics Education Study Program IAIN Palangka Raya that learning management using guided learning models inqury and guided inqury with the one day one diary for Science program run according to the expectations of researchers. All aspects of the learning phase run as it should. Although sometimes there are some obstacles, but they can be overcome well.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Fisika
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 31 Jul 2021 04:10
Last Modified: 31 Jul 2021 04:10
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3342

Actions (login required)

View Item View Item