Perspektif ulama Kota Palangka Raya tentang pemanfaatan facebook marketplace dalam meningkatkan penjualan pedagang online shop

Fatimah, Siti (2020) Perspektif ulama Kota Palangka Raya tentang pemanfaatan facebook marketplace dalam meningkatkan penjualan pedagang online shop. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Siti Fatimah - 1604120528.pdf

Download (2MB)

Abstract

Facebook merupakan sosial media yang banyak penggunanya dan juga sering dimanfaatkan pedagang online shop untuk mempromosikan barang dan jasanya. Facebook telah mengeluarkanfitur jual beli online secara mudah yaitu Facebook Marketplace. Fitur ini membuat setiap pengguna dapat mencari dan menemukan beragam produk yang dijual oleh orang yang ada di sekitarnya dengan lebih cepat dan bahkan memungkinkan penjualan barang secara spontan. Didalam bisnis Islam menjelaskanadanya transaksi yang bersifat fisik, dengan menghadirkan benda tersebut ketika transaksi,atau tanpa menghadirkan benda yang dipesan, tetapi dengan ketentuan harus dinyatakan sifat benda secara konkret, baik diserahkan langsung atau diserahkan kemudian sampai bataswaktu tertentu, seperti dalam transaksi as-salam. Salah satu unsur jual beli adalah barang yang akan dijual dapat dikuasi, yang artinya barang yang dijual nyata wujudnya. Sebelum melakukan transaksi maka penjual dan pembeli harus melakukan akad atau kesepakatan bersama. Kesepakatan dapat dilakukan dengan tulisan, lisan dan isyarat, ketiganya memiliki hukum yang sama.Permasalahannya yaitu: (1) pemanfaatan Facebook sebagai media bisnis online, dan (2) pandangan ulama Kota Palangka Raya terhadap pedagang online shop yang berjualan di Facebook Marketplace.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, adapun subjek penelitian ini adalah sembilan pedagang online shop yang berjualan di Facebook dan dua Ulama yang ada di MUI Kota Palangka Raya. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Kemudian dianalisis melalui tahapan collections, reduction, display dan verification.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Facebook sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai media bisnis online dan penjualan pedagang online shop meningkat, cara penjualan pedagang online shop sudah sesuai dengan konsep Salam (2) dalam muamalah Islam hukumnya boleh atau mubah kecuali terdapat unsur-unsur yang membuat muamalah tersebut menjadi haram salah satunya ada unsur gharar atau ketidakjelasan dan terdapat penipuan didalamnya. Penjelasan Ulama ini sesuai dengan ketentuan jual beli salam dalam Fatwa Dewan Syariah Nasional No. 05/DSN-MUI/IV/2000 tentang Jual Beli Salam.

Abstract

Facebook is a social media that has many users and is also often used by online shop merchants to promote their goods and services. Facebook has released an online buying and selling feature that is Facebook Marketplace. This feature allows each user to search and find a variety of products sold by people around him more quickly and even allows the sale of goods spontaneously. In Islamic business explain the existence of a physical transaction, by presenting the object when the transaction, or without presenting the object ordered, but with the provisions must be stated concrete properties of the object, either submitted directly or submitted later until a certain time limit, as in as- regards. One of the elements of buying and selling is that the goods to be sold can be controlled, which means that the goods for sale are tangible. Before conducting a transaction, the seller and buyer must enter into a contract or mutual agreement. Agreement can be done by writing, oral and gesture, all three have the same law. The problems are: (1) the use of Facebook as an online business media, and (2) the views of the Palangkaraya City scholars towards online shop traders who sell on the Facebook Marketplace.

This research is a field research using descriptive qualitative research methods, while the subjects of this study are nine online shop traders who sell on Facebook and two Ulama in MUI Palangkaraya City. Data collection techniques with observation, interviews, and documentation. The data validation technique uses source triangulation and method triangulation. Then analyzed through the stages of collections, reduction, display and verification.

The results of this study indicate that (1) Facebook is very useful to be used as an online business media and online shop merchant sales increase, the way the online shop merchant sales are in accordance with the concept of Salam (2) in muamalah Islam the law is permissible or permissible unless there are elements that makes muamalah become unclean one of which there is an element of gharar or obscurity and there is fraud in it. This Ulama's explanation is in accordance with the terms of the sale and purchase of greetings in National Sharia Council Fatwa No. 05 / DSN-MUI / IV / 2000 concerning Buy and Sell Greetings.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Facebook ; Peningkatan Penjualan;Perspektif Ulama
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 30 Jul 2021 06:35
Last Modified: 30 Jul 2021 06:35
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3328

Actions (login required)

View Item View Item