Marlina, Marlina (2020) Penerapan metode demonstrasi pada pengembangan sains anak usia dini di TK Islam Al-Hijrah Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Marlina - 142111912.pdf Download (810kB) |
Abstract
Pengembangan sains merupakan salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang senantiasa harus dikembangkan agar anak dapat mengenal dan memupuk rasa cinta terhadap alam sekitar sehingga menyadari bahwa kebesaran dan keagungan tuhan yang maha esa. Pentingnya sains ini harus ditanamkan sejak usia dini, agar menumbuhkan minat pada anak untuk mengenal dan mempelajari benda-benda serta kejadian dilingkungan sekitarnya. Disinilah peranan seorang guru pendidikan taman kanak-kanak sangat diharapkan, seorang guru hendaknya berusaha semaksimal mungkin untuk mengembangkan keampuan sains sejak usia dini yang disesuaikan dengan karakteristik anak, seperti melalui penggunaan metode demonstrasi sebagai salah satu metode yang banyak disukai anak apabila dapat diterapkan dengan baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana penerapan metode demonstrasi pada pengembangan sains anak usia dini di TK Islam Al- Hijrah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jumlah Subjek sebanyak 22 anak di kelas A, sedangkan objek penelitiannya adalah
penerapan metode demonstarasi pada pengembangan sains anak usia dini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Kemudian dilanjutkan menganalisis data melalui sistem reduksi data,display data dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data hasil yang penulis lakukan maka dapat diketahui bahwa perkembangan sains anak peserta didik kelas A di TK Islam al- Hijrah sudah berkembang dengan baik dengan adanya penerapan metode demonstrasi melalui permainan sains.
ABSTRACT
The development of science is one aspect of early childhood development which must always be developed so that children can recognize and foster a sense of love for the natural surroundings so that they realize that the greatness and majesty of God is one and only. The importance of this science must be instilled from an early age, so as to foster interest in children to recognize and learn about objects and events in the surrounding environment. This is where the role of a kindergarten education teacher is expected, a teacher should try as much as possible to develop scientific abilities from an early age that are tailored to the characteristics of children, such as through the use of demonstration methods as one method that many children like if it can be applied well.
The purpose of this study was to determine how the application of demonstration methods in the development of early childhood science in Islam Al-Hijrah Kindergarten. In this study, researchers used a descriptive qualitative research method with a total of 22 subjects in class A, while the object of research was the application of the demonstaration method in the development of early childhood science. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. Then proceed to analyze the data through the data reduction system, data display and data verification.
Based on the results of data processing and analysis of the results of the authors do it can be seen that the scientific development of students of class A students in Islamic al-Hijrah kindergarten has developed well with the application of demonstration methods through science games.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 29 Jul 2021 01:59 |
Last Modified: | 29 Jul 2021 01:59 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3315 |
Actions (login required)
View Item |