Manajemen perancanaan pengadaan sarana prasarana pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Palangka Raya

Juwita, Juwita (2020) Manajemen perancanaan pengadaan sarana prasarana pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Juwita - 1501160001.pdf

Download (998kB)

Abstract

Manajemen sarana prasarana pendidikan merupakan suatu proses perencanaan, pengadaan dan evaluasi sarana prasarana pendidikan yang harus dilakukan sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik. Sarana prasarana pendidikan memiliki standar minimum yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 24 Tahun 2007 tentang kriteria minimum sarana prasarana pendidikan yang harus dimiliki SMA/MA. Salah satu Sekolah yang memiliki sarana prasarana pendidikan yang sesuai dengan standar minimum yang ada di Kota Palangka Raya adalah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Palangka Raya, maka dari itu perlu diketahui tingkat keefektivan sarana prasarana pendidikan yang dimiliki Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Palangka Raya dalam menunjang proses pembelajaran peserta didik. Untuk itu perlu dilakukan penelitian dengan rumusan masalah, yaitu: 1. Bagaimana efektivitas perencanaan pengadaan sarana prasarana pendidikan, 2. Bagaimana efektivitas pelaksanaan pengadaan sarana prasarana dan Bagaimana efektivitas evaluasi perencanaan pengadaan sarana prasarana.

Menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 3 (tiga) orang dan informan terdiri dari 10 (sepuluh). Data yang dikumpulkan melalui 3 (tiga) teknik yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dengan pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik: kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas.

Hasil Penelitian: 1) Perencanaan sarana prasarana pendidikan sudah berjalan efektif karena dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik dengan melibatkan pihak-pihak yang memahami kebutuhan peserta didik terhadap sarana dan prasarana pendidikan, 2) Pengadaan sarana prasarana pendidikan berlangsung dengan efektif dibuktikan dengan lengkapnya sarana pembelajaran dan prasarana pembelajaran yang ada. Hal ini juga karena pengadaan sarana prasarana sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat, 3) Evaluasi sarana prasarana pendidikan yang dilakukan berjalan dengan efektif karena dilakukan secara berkesinambungan, menyeluruh dan objektif berdasarkan waktu, yaitu: jangka pendek (1 tahun), jangka menengah (4-5 tahun) dan jangka panjang (10-15 tahun).

ABSTRACT

Management of educational infrastructure is a process of planning, procurement and evaluation of educational infrastructure that must be carried out by schools to improve the quality of learning of students. Educational infrastructure has a minimum standard regulated in Minister of National Education Regulation No. 24 of 2007 concerning the minimum criteria for educational infrastructure that must be owned by SMA / MA. One of the schools that have educational infrastructure that meets the minimum standards in Palangka Raya is the Madrasah Aliyah Negeri (MAN), therefore it is necessary to know the effectiveness level of educational infrastructure owned by it school in supporting the learning process of students. For this reason, research needs to be done with the formulation of the problem, that are: 1. How the effectiveness of planning educational infrastructure in MAN Palangka Raya, 2. How the effectiveness of procurement and evaluation of infrastructure in MAN Palangka Raya.

The researcher using a qualitative with descriptive methods. Subjects consisted of three (3) persons and informants consists of 10 (ten). Data were collected through three (3) are: interviews, observation and documentation. Data was analyzed using triangulation techniques with data validity checking using the technique: credibility, transferability, dependability and conformability.

Research Results: 1) Planning of educational infrastructure facilities in the Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Palangka Raya has been effective because it is done with the aim to improve the quality of learning students by involving parties who understand the needs of students of educational facilities and infrastructure in MAN Palangka Raya, 2) Procurement of educational infrastructure facilities takes place effectively as evidenced by the complete learning facilities and learning infrastructure available in MAN Palangkaraya. This is also due to the provision of infrastructure in MAN Palangka Raya in accordance with the plans that have been made, 3) Evaluation of educational infrastructure in the City of Palangka Raya is effective because it is carried out continuously, thoroughly and objectively based on time, namely: short term (1 year), medium term (4-5 years) and long term (10- 15 years).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pendidikan Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 29 Jul 2021 01:55
Last Modified: 29 Jul 2021 01:55
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3314

Actions (login required)

View Item View Item