Maimunah, Maimunah (2020) Peran kepala madrasah dan guru dalam implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum pondok pesantren di Madrasah Aliyah Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kapuas. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Tesis Maimunah - 18013215.pdf Download (1MB) |
Abstract
Peran Kepala Madrasah dan Guru merupakan salah satu faktor penentu dalam keberhasilan dan kemajuan Pendidikan di Madrasah terletak pada peran kepala madrasah dan guru dalam melaksanakan setiap tugas dan fungsi penuh tanggung jawab. Dalam hal ini kepala madrsah sebagai seorang pemimpin, dan manajer, mativator, dan inovator. Kemudian peran seorang guru sebagai seorang pendidik, perencana, dan pelaksana program pembelajaran. Dalam hal ini keberhasilan implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum pondok pesantren dalam kegiatan pembelajaran tidak terlepas dari peran Kepala Madrasah dan guru di Madrasah Aliyah Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kapuas dalam memajukan kualitas Pendidikan umum dan kualitas Pendidikan keagamaan jauh lebih baik lagi.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: ( 1 ) Bagaimana peran Kepala Madrasah dalam Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Pondok Pesantren di Madrasah Aliyah Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kapuas, ( 2 ) Bagaimana peran Guru dalam Implementasi Kurikulum di madrasah Aliyah Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kapuas, ( 3 ) Bagaimana keterpaduan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Pondok Pesantren dan Kurikulum Pondok Pesantren di Madrasah Aliyah Negeri Kapuas.
Hasil penelitian ini adalah: ( 1 ) Peran Kepala Madrasah dalam Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Pondok Pesantren di Madrasah Aliyah Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kapuas, melalui kemampuan Kepala Madrasah dalam menyusun perencanaan pembelajaran madrasah dalam Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Pondok Pesantren, mengelola Kelembagaan Madrasah, mengelola Guru dan Tenaga Kependidikan, Mengelola Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Pondok Pesantren dalam Kegiatan Belajar Mengajar, Mengelola hubungan dengan masyarakat Aliyah Nahdlatussalam, ( 2 ) Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Pondok Pesantren di Madrasah Aliyah Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kapuas, melalui kemampuan Guru dalam menyusun dan melaksanakan perencanaan pembelajaran, menguasai Materi bahan ajar, Mengelola Kelas, Menjalin Komunikasi dan kerjasama dalam implementasi kurikulum 2013 dan Kurikulum pondok pesantren di Madrasah Aliyah Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kapuas, Disiplin Guru dalam Tugas dan pekerjaan dan Guru sebagai motivator dan inovator, ( 3 ) Keterpaduan Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Pondok Pesantren di Madrasah Aliyah Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kapuas.
ABSTRACT
The role of the headmaster of Madrasah and teachers is one of defining factor in the successful implementation of the curriculum. The success and advance of education in the Madrasah is located in the role of headmaster and teachers in implement every tasks and function with full responsibility. In this case, the headmaster as a leader, manager, motivator, and innovator. Then, the role of a teacher as an educator, planner, and implementer of learning program. In this case, the successful implementation of the 2013 curriculum and boarding school’s curriculum in the learning activity can’t be separated from the role of headmaster and teachers in the Madrasah Aliyah Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kapuas in advancing the quality of general education and religious education is even better.
The formulation of the problems in this research are: (1). How is the role of the headmaster of Madrasah in the 2013 curriculum implementation and boarding school’s curriculum in the Madrasah Aliyah Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kapuas. (2). How is the role of teachers in implementing curriculum in the Madrasah Aliyah Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kapuas. (3). How is the cohesiveness of the 2013 curriculum and boarding school’s curriculum in the Madrasah Aliyah Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kapuas.
The result of this research are: (1) The role of the headmaster in implementation the 2013 curriculum and boarding school’s curriculum in the Madrasah Aliyah Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kapuas, through the ability of the headmaster in arranging the learning planning of Madrasah in implementation the 2013 curriculum and boarding school’s curriculum, managing institution of Madrasah, managing education personnel, managing the implementation the 2013 curriculum and boarding school’s curriculum in the learning activity, and the headmaster as the motivator and innovator in increasing implementation of the 2013 curriculum and boarding school’s curriculum in the Madrasah Aliyah Nahdlatussalam. (2) The role of teachers in implementation of the 2013 curriculum and boarding school’s curriculum in the Madrasah Aliyah Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kapuas, through the ability of teachers in composing and implementing the learning planning, mastering teaching material, managing class, establishing communication and collaboration in implementation the 2013 curriculum and boarding school in the Madrasah Aliyah Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kapuas, the teachers’ discipline in tasks and work and teachers as motivator and innovator (3) The cohesiveness of implementation the 2013 curriculum and boarding school’s curriculum in the Madrasah Aliyah Nahdlatussalam Anjir Serapat Tengah Kapuas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepala Sekolah; Guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 01:33 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 01:33 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3290 |
Actions (login required)
View Item |