Pengaruh strategi index card match terhadap kemampuan menerjemah dan menjelaskan kandungan qs. Al-baqarah: 30-32 dan qs. Az-zariyat: 56 pada pelajaran alquran hadis Kelas x MA Sabilal Muhtadin Kotawaringin Timur

Hamdi, Saibatul (2020) Pengaruh strategi index card match terhadap kemampuan menerjemah dan menjelaskan kandungan qs. Al-baqarah: 30-32 dan qs. Az-zariyat: 56 pada pelajaran alquran hadis Kelas x MA Sabilal Muhtadin Kotawaringin Timur. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Sahibatul Hamdi - 160112129.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari hasil observasi di Madrasah Aliyah kelas X Pondok Pesantren Sabilal Muhtadin. Berdasarkan hasil wawancara kepada guru mata pelajaran Alquran Hadis, diketahui bahwa kemampuan siswa dalam menerjemah dan menjelaskan kandungan ayat masih sangat minim. Menurut Bapak SG, hanya sekitar 25 % siswa yang dapat menerjemah dan menjelaskan kandungan ayat dengan baik. Oleh karenanya ditawarkan sebuah solusi melalui strategi index card match. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang; (1) Kemampuan siswa dalam menerjemahkan QS. Al-Baqarah: 30-32 dan QS. Az-Zariyat: 56 (2) Kemampuan siswa dalam menjelaskan kandungan QS. Al-Baqarah: 30-32 dan QS. Az-Zariyat: 56 (3) Ada atau tidaknya pengaruh penerapan strategi index card match terhadap kemampuan siswa dalam menerjemah dan menjelaskan kandungan ayat (4) Peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi index card match.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pra eksperimen. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar berjumlah 30 soal. Teknik penentuan sampel adalah purposive samping dengan jumlah 26 siswa. Analisis data menggunakan rumus uji “paired sample t-test” dengan menguji hipotesis terdapat pengaruh penerapan strategi index card match terhadap kemampuan siswa dalam menerjemah dan menjelaskan kandungan ayat dan tidak terdapat pengaruh penerapan strategi index card match terhadap kemampuan siswa dalam menerjemah dan menjelaskan kandungan ayat pada pembelajaran Alquran Hadis.

Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) Kemampuan siswa dalam menerjemahkan QS. Al-Baqarah: 30-32 dan QS. Az-Zariyat: 56 berada pada kriteria baik setelah diterapkannya strategi index card match terlihat dari nilai rata-rata klasikal yang meningkat dari 44,3 dengan kriteria kurang menjadi 68,69 dengan kriteria baik. (2) Kemampuan siswa dalam menjelaskan kandungan QS. Al-Baqarah: 30-32 dan QS. Az-Zariyat: 56 berada pada kriteria baik setelah diterapkannya strategi index card match terlihat dari nilai rata-rata klasikal yang meningkat dari 57,38 dengan kriteria cukup menjadi 73,92 dengan kriteria baik. (3) Ada (terdapat) pengaruh penerapan strategi index card match terhadap kemampuan menerjemah dan menjelaskan kandungan ayat pada pelajaran Alquran Hadis ditunjukkan dari output uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima. (4) Hasil belajar siswa meningkat ditunjukkan dari nilai N-Gain kemampuan menerjemah 0,44 kriteria sedang dan kemampuan menjelaskan kandungan ayat 0,35 kriteria sedang juga.

ABSTRACT

This research departs from observations at Madrasah Aliyah class X Sabilal Muhtadin Islamic Boarding School. Based on the results of interviews with subject teachers of Alquran Hadis, it is known that students' abilities in translating and explaining verse content are still very minimal. According to Mr. SG, only about 25% of students can translate and explain the verses that have been studied well. Therefore offered a solution through the index card match strategy. This study aims to describe about; (1) Students' ability to translate QS. Al-Baqarah: 30-32 and QS. Az-Zariyat: 56 (2) The ability of students to explain the content of QS. Al-Baqarah: 30-32 and QS. Az-Zariyat: 56 (3) Whether or not there is an influence on the application of the index card match strategy to the students' ability to translate and explain the verse content (4) Improved student learning outcomes after applying the index card match strategy.

The research design was the pre-experiment in quantitative approach. The research instrument has learned achievement test with 30 items. The method of sampling in this study has purposive sampling consisted 26 students. Data analysis used the "paired sample t-test" test formula by testing the hypothesis that there was an influence on the application of the index card match strategy to the students 'ability to translate and explain the verse content on Alquran Hadis subject and there was no effect of application with index card match strategy in the students' ability to translate and explained the content of verses on Alquran Hadis subject.

The results showed that; (1) Students' ability to translate QS. Al-Baqarah: 30-32 and QS. Az-Zariyat: 56 is in good criteria after the implementation of the index card match strategy can be seen from the classical average value which increased from 44,3 with less criteria to 68,69 with good criteria. (2) The ability of students to explain the content of QS. Al-Baqarah: 30-32 and QS. Az-Zariyat: 56 is in good criteria after the implementation of the index card match strategy can be seen from the classical average value that increased from 57,38 with enough criteria to 73,92 with good criteria. (3) There is the effect of applying the index card match strategy on ability to translate and explain the content of the verses in Alquran Hadis lesson showed from paired sample t-test output obtained a significance value of 0,000 <0,05, so Ha is accepted. (4) Student learning outcomes increase indicated by N-Gain that the ability to translate 0,44 medium criteria and the ability to explain the contents of the verse 0,35 medium criteria

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Strategi Index Card Match
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 24 Jul 2021 04:07
Last Modified: 24 Jul 2021 04:07
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3288

Actions (login required)

View Item View Item