Perbandingan hasil belajar siswa antara model kooperatif tipe numbered head together (nht) dengan model konvensional pada mata pelajaran pai kelas x di SMK negeri 1 Palangka Raya

Rusadi, Hadi (2020) Perbandingan hasil belajar siswa antara model kooperatif tipe numbered head together (nht) dengan model konvensional pada mata pelajaran pai kelas x di SMK negeri 1 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi HADI RUSADI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertolak dari hasil observasi di kelas X SMK Negeri 1 Palangka Raya. Berdasarkan hasil wawancara kepada guru mata pelajaran PAI, diketahui bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam belajar. Hal ini terlihat dari perilaku siswa yang terkesan pasif sehingga berdampak pada hasil belajar yang masih rendah. Oleh karena itu peneliti menawarkan model pembelajaran NHT sebagai solusi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang; (1) Hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran NHT (2) Hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran konvensional. (3) Perbedaan hasil belajar siswa dari penerapan model pembelajaran NHT dengan model pembelajaran konvensional. (4) Peningkatan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran NHT.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi eksperimen Teknik penentuan sampel adalah purposive samping dengan jumlah 30 siswa. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar dengan jumlah 30 butir soal. Analisis data menggunakan rumus uji t sampel independen dengan menguji hipotesis perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan dari penerapan model pembelajaran NHT dengan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran PAI kelas X.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran NHT diketahui dari 15 orang siswa terdapat 80% siswa tuntas dan 20% siswa tidak tuntas dengan perolehan nilai rata-rata kelas 71,8. (2) Hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran konvensional diketahui dari 15 orang siswa terdapat 73,3% siswa tuntas dan 26,6% siswa tidak tuntas dengan perolehan nilai rata-rata kelas 65,3. (3) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran PAI kelas X. Hal ini ditunjukkan dari output hasil t-test uji t sampel independen diperoleh nilai signifikansi 0,188 > 0,05 sehingga Ho diterima. (4) Terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran NHT dengan hasil uji N-gain diperoleh skor 47,7% termasuk dalam kategori sedang.

ABSTRACT

This research departs from observations in class X of Palangka Raya state one vocational school. Based on the results of interviews with PAI subject teacher, it is known that students are still experiencing difficulties in learning. This can be seen from the behavior of students who seem passive so that the impact on learning outcomes are still low. Therefore the researcher offers the NHT learning model as a solution. This study aims to describe about; (1) Student learning outcomes after applying the NHT learning model (2) Student learning outcomes after applying conventional learning model (3) Differences in student learning outcomes between the application of NHT learning model with conventional learning model (4) Improved learning outcomes after applying the NHT learning model.

This research uses a quantitative approach with a quasi-experimental. The technique of determining the sample is purposive aside with 30 students. The research instrument was a learning achievement test with 30 items. Data analysis used independent sample t test formula by testing the hypothesis of significant differences in student learning outcomes from the application of the NHT learning model with conventional learning model in PAI learning class X.

The results showed that; (1) Student learning outcomes after applying the NHT learning model known from 15 students there are 80% of students complete and 20% of students incomplete with the acquisition of an average grade of 71,8. (2) Student learning outcomes after applying the conventional learning model known from 15 students there are 73,3% of students complete and 26,6% of students incomplete with the acquisition of an average grade of 65,3. (3) There is no significant difference in student learning outcomes between the application of the NHT type learning model and conventional learning model in PAI learning class X. This is indicated from the output of the t-test results of the independent sample t obtained a significance value of 0.188> 0.05 so that Ho is accepted. (4) An increase in student learning outcomes after the implementation of the NHT learning model with N-gain test results obtained a score of 47.7% included in the medium category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Numbered Head Togther, Model Konvensional, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 22 Jul 2021 06:49
Last Modified: 22 Jul 2021 06:53
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3275

Actions (login required)

View Item View Item