Kompetensi pedagogik guru dalam menyusun perangkat pembelajaran di Raudhatul Athfal Nurul Hikmah Kota Palangka Raya

Purwasih, Tati (2020) Kompetensi pedagogik guru dalam menyusun perangkat pembelajaran di Raudhatul Athfal Nurul Hikmah Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Tati Purwasih - 1601180024.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yang dimiliki oleh guru yang berkontribusi dalam mengembangkan kemampuan mengelola pembelajaran yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan, dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengembangan peserta didik. Guru RA Nurul Hikmah Kota Palangka Raya menyusun RPPM dan RPPH yang sesuai dengan acuan kurikulum yang berlaku sehingga peneliti berkeinginan melihat pengaruh kompetensi pedagogik yang dimiliki guru karena kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran sangat berpengaruh terhadap tingkat perkembangan anak.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru di RA Nurul Hikmah Kota Palangka Raya? (2) Bagaimana kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) di RA Nurul Hikmah Kota Palangka Raya? (3) Bagaimana kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) di RA Nurul Hikmah Kota Palangka Raya?. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui kompetensi pedagogik guru di RA Nurul hikmah Kota Palangka Raya. (2) Mengetahui kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) di RA Nurul Hikmah Kota Palangka Raya. (3) Mengetahui kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) di RA Nurul Hikmah Kota Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (Mixed Methods) yaitu kualitatif dan kuantitatif dengan subjek 2 orang guru RA Nurul Hikmah Kota Palangka Raya. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kompetensi pedagogik guru di RA Nurul Hikmah Kota Palangka Raya sudah sesuai karena melaksanakan 8 (delapan) indikator pada kompetensi pedagogik guru yang meliputi: kemampuan memahami filosofi dan prinsip PAUD,memahami perkembangan dankarakteristik anak usia dini, memahami program transisi PAUD ke pendidikan dasar, memahami peran bermain, memahami perkembangan kurikulum terpadu, memahami lingkungan belajar yang kondusif, memahami pengelolaan kelas, dan memahami assessment pembelajaran (2) kemampuan guru dalam menyusun RPPM di RA Nurul Hikmah kota Palangka Raya mencapai kategori sangat baik yaitu 91,47% dengan menggunakan acuan Kurikulum 2013 yang meliputi identitas program layanan, pemilihan KD, penetapan materi pembelajaran dan penetapan rencana kegiatan (3) kemampuan guru dalam menyusun RPPH di RA Nurul Hikmah Kota Palangka Raya dapat dikatakan baik. Hal ini terlihat pada pencapaian 82,34%. Guru memahami seluruh isi komponen RPPH yang sesuai standar kurikulum 2013 PAUD dengan pendekatan saintifik.

ABSTRACT

Pedagogical competency is competence of a teacher who contributes in developing the ability of learning management including the comprehension of students, the design and the implementation of learning, the evaluation of learning, and the development of students. The teachers of RA Nurul Hikmah Palangka Raya city composed RPPM and RPPH based on the valid curriculum, so the writer wanted to know the effect of teacher’s pedagogical competency because the teacher’s ability in composing learning equipment had great effect to the student’s development level.

The formulations of the problem in the research are (1) How is the teacher’s pedagogical competency at RA Nurul Hikmah Palangka Raya city? (2) How is the teacher’s ability in composing Weekly Lesson Plan (RPPM) at RA Nurul Hikmah Palangka Raya city? (3) How is the teacher’s ability in composing Daily Lesson Plan (RPPH) at RA Nurul Hikmah Palangka Raya city? The purposes of the research are (1) understanding the teacher’s pedagogical competency RA Nurul Hikmah Palangka Raya city, (2) understanding the teacher’s ability in composing Weekly Lesson Plan (RPPM) at RA Nurul Hikmah Palangka Raya city, (3) understanding the teacher’s ability in composing Daily Lesson Plan (RPPH) at RA Nurul Hikmah Palangka Raya city.

The research used combination methode (mixed methods) of qualitative and quantitative methods with the subject of 2 (two) teachers of RA Nurul Hikmah Palangka Raya city. As for the technique of collecting data, the research used observation, interview and documentation.

The result of the research shows that (1) the teacher’s pedagogical competency at RA Nurul Hikmah Palangka Raya city appropriates for the implementation of 8 (eight) indicators in teacher’s pedagogical competency, there are the ability of understanding philosophy and principle of PAUD, understanding the development and characteristic of early childhood, understanding the transition program from PAUD to elementary school, understanding role play, understanding the development of integrated curriculum, understanding conducive environment for learning, understanding the classroom management, and understanding learning assessment, (2) the teacher’s ability in composing RPPM at RA Nurul Hikmah Palangka Raya city attains category very good, 91.47% referring to Kurikulum 2013 which includes the identity of service program, the selection of KD, the determination of subject, and the determination of activity program, (3) the teacher’s ability in composing RPPH at RA Nurul Hikmah Palangka Raya city runs well. It is shown by the achievement 82.34%. The teacher understands the whole component of RPPH based on the standard Kurikulum 2013 PAUD using scientific approach.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 22 Jul 2021 06:06
Last Modified: 22 Jul 2021 06:06
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3270

Actions (login required)

View Item View Item