Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash cs6 pada mata pelajaran pai kelas viii di SMPN 6 Palangka Raya

Rano, Rano (2020) Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash cs6 pada mata pelajaran pai kelas viii di SMPN 6 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Rano - 1501112010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu tuntutan era global untuk berpikir berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi dan terbatasnya media pembelajaran yang digunakan. Melihat permasalahan tersebut maka perlu adanya tambahan media yang sesuai dengan materi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana: 1) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII di SMPN 6 Palangka Raya ? 2) Tanggapan Siswa Terhadap Produk Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII di SMPN 6 Palangka Raya ?

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Sejauh mana kelayakan media belajar berbasis Adobe Flash CS6 mata pelajaran PAI materi Hukum bacaan Mad kelas VIII di SMPN 6 Palangka Raya. 2) Tanggapan siswa terhadap produk media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran PAI Kelas VIII di SMPN 6 Palangka Raya.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) tipe ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Teknik dan Instrumen pengumpulan data menggunaka teknik wawancara, dokumentasi dan angket (ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, uji coba perorangan, kelompok kecil dan besar serta tanggapan siswa). Objek dalam penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMPN 6 Palangka Raya, sedangkan yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VIII 2 di SMPN 6 Palangka Raya. Jenis data dalam penelitian pengembangan ini menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif deskriptif dan analisis kuantitatif analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan media belajar berbasis Adobe Flash CS6 mata pelajaran PAI materi Hukum bacaan Mad telah memenuhi syarat untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan penilaian ahi materi 96,33% “Sangat Layak”, ahli media 88,75% “Sangat Layak”, ahli pembelajaran 88,57% “Sangat Layak”. 2) Tanggapan siswa berdasarkan hasil uji coba perorangan 83% “Sangat Layak”, hasil uji coba kelompok kecil adalah 85,5% “Sangat Layak”, hasil uji coba kelompok besar adalah 79% “Layak”, hasil tanggapan siswa aspek motivasi dan manfaat: yang menjawab “YA 86,76%” dan yang menjawab “TIDAK 13,24%”. Berdasarkan hasil penilaian ini, artinya media pembelajaran PAI Materi Hukum Bacaan Mad layak untuk digunakan.

ABSTRACT

The background of this research was the demands of the global era for thinking based on science and technology and the limited learning media used. Seeing these problems, it is necessary to have additional media in accordance with the material. The formulation of the problems this research are how: 1) Development of Learning Media Based on Adobe Flash CS6 PAI Class VIII Subjects in SMPN 6 Palangka Raya? 2) Student Responses to Adobe Flash CS6-Based Learning Media Products PAI Class VIII Subjects in SMPN 6 Palangka Raya?

This research aims to: 1) Determine the extent of the feasibility of learning media based on Adobe Flash CS6 PAI subject Mad Law reading material class VIII in SMPN 6 Palangka Raya. 2) Students' responses to Adobe Flash CS6-based learning media products PAI Class VIII subjects in SMPN 6 Palangka Raya.

This research was a research and development (R&D) type ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Data collection techniques and instruments used interview, documentation and questionnaire techniques (material experts, media experts, learning experts, individual trials, small and large groups and teacher and student responses). The object of this research was the development of learning media based on Adobe Flash CS6 PAI subjects VIII class at SMPN 6 Palangka Raya, while the subjects in this study were students of class VIII 2 in SMPN 6 Palangka Raya. The type of data in this development research uses quantitative and qualitative. Analysis of the data used is descriptive qualitative analysis techniques and quantitative analysis of descriptive analysis. The results showed that: 1) Development of learning media based on Adobe Flash CS6 PAI subject matter Mad reading law has fulfilled the requirements to be used as a learning medium. Based on the assessment of material 96.33% "Very Worthy", 88.75% of media experts "Very Worthy", 88.57% learning experts "Very Worthy". 2) Student responses based on individual trials results 83% "Very Eligible", the results of small group trials are 85.5% "Very Eligible", the results of large group trials are 79% "Eligible", the results of student responses are aspects of motivation and benefits : those who answered "YES 86.76%" and those who answered "NO 13.24%". Based on the results of this assessment, it means that the learning media of PAI Mad Reading Law Material was appropriate to be used.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 22 Jul 2021 03:07
Last Modified: 22 Jul 2021 03:07
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3268

Actions (login required)

View Item View Item