Komparasi model problem based learning (pbl) dan discovery learning (dl) menggunakan alat peraga sederhana terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas xi SMAN 4 Palangka Raya pada materi fluida statis

Khasanah, Uswatun (2020) Komparasi model problem based learning (pbl) dan discovery learning (dl) menggunakan alat peraga sederhana terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas xi SMAN 4 Palangka Raya pada materi fluida statis. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Uswatun Khasanah - 1501130337.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL) menggunakan alat peraga sederhana terhadap hasil belajar peserta didik (2) ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL) menggunakan alat peraga sederhana terhadap motivasi belajar peserta didik (3) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model PBLmenggunakan alat peraga sederhana pada materi fluida statis di SMAN 4 Palangka raya (4) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model DL menggunakan alat peraga sederhana pada materi fluida statis di SMAN 4 Palangka raya.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan model pre design dengan pengambilan sampel menggunakan accidiantial sampling, sampel yang dipilih yaitu kelas X MIPA- 4 dan XI MIPA-5. Instrumen yang digunakan adalah tes motivasi dan tes hasil belajar.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model problem based learning dan discovery learning menggunakan alat peraga sederhana terhadap hasil belajar. (2) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning dan discovery learning menggunakan alat peraga sederhana terhadap motivasi belajar (3) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar menggunakan model PBL menggunakan alat peraga sederhana. (4) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar menggunakan model DL menggunakan alat peraga sederhana.

ABSTRACT

This study aims to determine: (1) difference in influence between the Problem Based Learning (PBL) and Discovery Learning (DL) learning models using simple teaching aids on student learning outcomes (2) differences in influence between the Problem Based Learning learning models (PBL) and Discovery Learning (DL) use simple teaching aids on students 'learning motivation (3) significant relationship between students' learning motivation towards student learning outcomes using PBL models using simple teaching aids on static fluid material in SMAN 4 Palangka raya (4) significant relationship between learners 'motivation to learners' learning outcomes by using the DL model using simple visual aids on static fluid material at SMAN 4 Palangka raya.

This study uses an experimental method with a pre-design model with sampling using accidiantial sampling, the selected sample is Class X MIPA-4 and XI MIPA-5. The instruments used were motivation test and learning achievement test.

The results of this study indicate that: (1) there is no significant difference in influence between the problem based learning and discovery learning models using simple teaching aids on learning (2) there is a difference Significant influence between problem based learning and discovery learning models (3) There is no significant relationship between motivation and learning outcomes using PBL models using tools simple display. (4) There is no significant relationship between motivation and learning outcomes using the DL model using simple teaching aids.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembalajaran
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 22 Jul 2021 02:38
Last Modified: 02 Dec 2021 03:17
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3266

Actions (login required)

View Item View Item