Maryanti, Maryanti (2020) Pengaruh motivasi belajar, sarana belajar, terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Maryanti - 1501112019.pdf Download (1MB) |
Abstract
Motivasi belajar sangat mempengaruhi proses pembelajaran berlangsung dari proses pembelajaran tersebut perlu adanya sarana belajar siswa demi tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan. Sarana belajar tersebut meliputi beberapa komponen peralatan yang digunakan secara langsung dalam proses belajar. Pembelajaran yang baik dan efektif adalah pembelajaran yang mampu membangkitkan perhatian, partisipasi dan konsentrasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Untuk mencapai hal tersebut maka perlu diciptakan suatu fasilitas yang dapat membantu dan mendorong motivasi dan meningkatkan hasil belajar siswa. Fasilitas merupakan sarana yang digunakan dalam proses pembelajaran sedangkan, motivasi merupakan kekuatan yang mendorong seseorang melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan dengan demikian dapat diasumsikan bahwa individu yang memiliki motivasi lebih tinggi akan mencapai hasil belajar yang lebih tinggi. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan, 1) Untuk mengetahui motivasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Karsa Mulya. 2) Untuk mengetahui sarana belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Karsa Mulya. 3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Karsa Mulya. 4) Untuk mengetahui pengaruh antara sarana belajar dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Karsa Mulya Palangka Raya.
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian berjumlah 50 orang siswa diambil dari seluruh siswa kelas X yang beragama islam, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi,teknik pengabsahan data pada penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabelitas, kemudian untuk teknik analisis data menggunakan analisis data statistik deskriptif, sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukan, 1) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Karsa Mulya secara keseluruhan dapat dikatakan cukup tinggi karena rata-rata siswa memiliki skor motivasi sebesar 75.7. 2) Penggunaan sarana belajar siswa di SMK Karsa Mulya tergolong cukup baik karena rata-rata siswa memiliki skor motivasi sebesar 59.94. 3) Hasil belajar siswa di SMK Karsa Mulya tergolong cukup tinggi dengan rata-rata nilai siswa adalah 82.06, dengan jumlah sebaran siswa yang memiliki nilai sangat tinggi sebesar 46%, hasil belajar dengan kategori tinggi 40%, hasil belajar dengan kategori sedang 14% sedangkan siswa yang memiliki kategori rendah tidak ada atau 0%. 4)Motivasi dan sarana belajar memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap hasil belajar dengan nilai R= 0.924, hal ini berarti bahwa secara simultan variabel motivasi dan sarana belajar berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 92.4%.
ABSTRACT
Good and effective learning is learning that is able to arouse the attention, participation and concentration of students in following the learning process. To achieve this it is necessary to create a facility that can help and encourage motivation and improve student learning outcomes. Facilities are a means used in the learning process whereas, whereas motivation is a force that drives someone to do something to achieve the goal thus it can be assumed that individuals who have higher motivation will achieve higher learning outcomes. Based on this, this study aims, 1) To find out how motivation to learn in Islamic religious education subjects at SMK Karsa Mulya. 2) To find out how student learning facilities in Islamic religious education subjects at SMK Karsa Mulya. 3) To determine student learning outcomes in Islamic religious education subjects at SMK Karsa Mulya. 4) To determine the effect of learning facilities and student motivation on student learning outcomes in Islamic religious education subjects at SMK Karsa Mulya Palangka Raya.
This research is a quantitative study with a sample of 50 students taken from all Muslim students, sampling techniques using simple random sampling techniques data collection techniques using questionnaires and documentation, data validation techniques in this study using the validity and reliability test , then for data analysis techniques using descriptive statistical data analysis, while for hypothesis testing using multiple regression tests.
The results showed, 1) Student learning motivation in the PAI subjects at SMK Karsa Mulya as a whole can be said to be quite high because the average student has a motivation score of 75.7. 2) The use of student learning facilities in SMK Karsa Mulya is quite good because the average student has a motivation score of 59.94. 3) Student learning outcomes in SMK Karsa Mulya are quite high with an average student score of 82.06, with the number of students having very high scores of 46%, learning outcomes in the high category 40%, learning outcomes in the moderate category 14% while students who have a low category does not exist or 0%. 4) Motivation and learning tools have a very strong influence on learning outcomes with a value of R = 0.924, this means that simultaneously motivation and learning variables simultaneously contribute to learning outcomes of 92.4%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 01:44 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 01:44 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3264 |
Actions (login required)
View Item |