Analisis kesesuaian latar belakang pendidikan guru mata pelajaran keagamaan di madrasah ibtida’iyah (studi pada 6 MI di Kecamatan Kapuas Kuala)

Jainah, Jainah (2020) Analisis kesesuaian latar belakang pendidikan guru mata pelajaran keagamaan di madrasah ibtida’iyah (studi pada 6 MI di Kecamatan Kapuas Kuala). Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Jainah - 1601112109.pdf

Download (1MB)

Abstract

Guru yang profesional memiliki kewenangan dan juga tanggung jawab terhadap suatu pendidikan siswa, baik itu secara individual ataupun juga secara klasikal. Salah satunya ketersediaan tenaga pendidik yang sesuai dengan jenjangnya serta latar belakang pendidikannya. Sebagai guru profesional sangat di butuhkan di semua tempat, karena dapat meningkatkan mutu dalam pendidikan. Latar belakang pendidikan guru sangat berpengaruh terhadap kualitas peserta didiknya, sehingga guru di tuntut untuk memiliki kompetensi profesional demi meningkatkan kualitas peserta didiknya.

Rumusan masalah penelitian ini adalah : 1. Bagaimana latar belakang pendidikan guru mata pelajaran keagamaan di Madrasah Ibtida’iyah (Studi pada 6 MI Kecamatan Kapuas Kuala ? 2. Bagaimana kesesuaian latar belakang pendidikan guru dengan mata pelajaran yang di ampu di Madrasah Ibtida’iyah (Studi Pada 6 MI Kecamatan Kapuas Kuala ? 3. Apakah penyebab guru yang diangkat tidak sesuai latar belakang pendidikan dengan mata pelajaran yang di ampu di Madrasah Ibtida’iyah( Studi Pada 6 MI Kecamatan Kapuas Kuala ? Penelitian ini bertujuan untuk : 1.Mendeskripsikan latar belakang pendidikan guru mata pelajaran keagamaan dengan mata pelajaran yang di ampu di Madrasah Ibtida’iyah (Studi pada 6 MI kecamatan Kapuas Kuala ) 2. Mendeskripsikan kesesuaian latar belakang pedidikan guru mata pelajaran keagamaan dengan mata pelajaran yang di ampu di Madrasah Ibtida’iyah (Studi pada 6 MI kecamatan Kapuas Kuala ) 3. Mendeskripsikan kenapa guru mata pelajaran keagamaan yang diangkat tidak sesuai dengan mata pelajaran yang di ampu di Madrasah Ibtida’iyah (Studi pada 6 MI kecamatan Kapuas Kuala ). Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah pengurangan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Objek dalam penelitian ini adalah latar belakang pendidikan guru dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di 6 Madrasah Ibtida’iyah Kecamatan Kapuas Kuala berjumlah 7 orang guru dan 6 orang kepala sekolah sebagai informant.

Hasil dari penelitian ini adalah : 1. Latar belakang pendidikan guru studi pada 6 madrasah ibtida’iyah Kecamatan Kapuas Kuala terdapat guru yang lulusan perguruan tinggi strata satu Pendidikan berjumlah 36 orang guru, dan 7 guru yang memiliki pendidikan akhir SMA/MA/Pondok Pesantren 2. Kesesuaian latar belakang pendidikan guru mata pelajaran keagamaan dengan mata pelajaran yang diampu di 6 madrasah ibtida’iyah Kecamatan Kapuas Kuala, terdapat 36 orang guru yang sesuai dengan latar belakang pendidikan starta satu ( s1) kependidikan , dan 7 orang guru yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan dengan mata pelajaran yang diampu. 3. Penyebab guru yang diangkat tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya karena kurangnya tenaga pengajar.

ABSTRACT

Professional teacher has authority and accountability to a student education in individual's even to classical. One of it availability of educator that corresponds to ladder and education background. As professional teacher that needed at all place, who can increase quality of education. teacher Education background really influential to the students quality, that demand to have professional competence interest to increase students quality.

Background of study this research are : 1. How is the educational background of religious subject teachers in six madrasah ibtida’iyah in the district of Kapuas Kuala. 2. How is the suitability of the educational background of the teacher with the subjects taught in the six madrasah ibtida’iyah district of Kapuas Kuala. 3.What is the reason why the appointed teacher is not in accordance with the educational background with the subject being taught in the six madrasah ibtida’iyah district of Kapuas Kuala. purpose of this study are : 1. Describe the educational background of the teachers of religius subjects with subjets that are taught in six madrasah ibtida’iyah district of Kapuas Kuala. 2. Describe the suitability of the educational background of teachers of religius subject that are taught in six madrasah ibtida’iyah district of Kapuas Kuala. 3. Describe why appointed religius subject teacher is not in accordance with the subject being taught at the six madrasah ibtida’iyah district of Kapuas Kuala.

This research method uses descriptive qualitative methods, with data collection techniques using observation, interviews and documentation. The analysis technique was used are data reduction, data presentation and conclusion drawing. The objects in this study were teacher background of study with the subject teacher’s program study at Islam at Madrasah Ibtida’iyah Kapuas's kuala district. result of this study are : 1. Educational background of teacher in madrasah ibtida’iyah district Kapuas Kuala there are 36 graduates of tertiary (s1) tertiary education 117 teachers in relegious subject, 7 high scholl SMA/MA/SMK/Islamic boarding school teacher and islamic boarding schools. 2. Suitability of educational background of the relegious subject teachers with subject taught in six madrasah ibtida’iyah district of Kapuas Kuala there are 36 teacher who are in accordance with the educational background of the first starting education (s1) , and 7 teachers who are not accordance with the background behind education with the subject being taught. 3 The cause of the appointed teacher is not accordance with his educational background due to lack of teaching staff.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru Profesional; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 21 Jul 2021 04:33
Last Modified: 21 Jul 2021 04:33
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3258

Actions (login required)

View Item View Item