Himaya, Emha (2020) Penggunaan media grafis untuk menunjang pendidikan membaca iqra bagi santri TKA Sirajuttholibin Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Emha Himaya 1401111838.pdf Download (912kB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari ditemukan ada beberapa santri TKA Sirajuttholibin yang belum lancar dalam membaca buku Iqra jilid I, terutama pada bagian huruf hijaiyah. Padahal buku Iqra jilid I merupakan bagian yang mendasar bagi santri untuk belajar membaca Al-Qur’an. Di tambah lagi terdapat media grafis yang tertempel di dalam kelas, tetapi tidak digunakan dalam proses belajar mengajar. Sehingga peneliti ingin memaksimalkan penggunaan media grafis dalam pembelajaran membaca Iqra dengan menggunakan media berupa bagan pengenalan huruf hijaiyah yang ustadzah buat sendiri. Agar santri menjadi lebih mudah memahami dan membaca Iqra. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Penggunaan Media Grafis Untuk Menunjang Pendidikan Membaca Iqra Bagi Santri TKA Sirajuuttholibin Palangka Raya. 2) Bagaimana Pelaksanaan Media Grafis Untuk Menunjang Pendidikan Membaca Iqra Bagi Santri TKA Sirajuuttholibin Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan 1) Mendeskripsikan penggunaan media grafis untuk menunjang pendidikan membaca Iqra bagi santri TKA Sirajuttholibin Palangka Raya. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran media grafis untuk menunjang pendidikan membaca Iqra bagi santri TKA Sirajuttholibin Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif atau bersifat deskriftif yaitu berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka. Sumber data primer adalah seorang ustadzah. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikkan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media grafis untuk menunjang pendidikan membaca buku Iqra bagi santri TKA Sirajuttholibin Palangka Raya sudah berjalan dengan baik, hal ini berdasarkan pada adanya bahwa saat pembelajaran ustadzah MR sudah menggunakan media grafis yang berbentuk bagan. 2) Pelaksanaan pembelajaran media grafis telah dilakukan dengan baik. Kegiatan tersebut ada tiga yaitu: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Ketika pembelajaran MR menggunakan media grafis berupa bagan terutama pada saat pengenalan huruf hijaiyah, santri lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran. Sehingga para santri dapat memahami dengan baik.
ABSTRACT
This research departs from the discovery that there are several students of TKA Sirajuttholibin who are not fluent in reading Iqra volume I, especially in the hijaiyah letters. Even though the volume Iqra book I is a fundamental part for students to learn to read the Qur'an. In addition there are graphic media that are stuck in the classroom, but are not used in the teaching and learning process. So that researchers want to maximize the use of graphic media in learning to read Iqra by using media in the form of a hijaiyah letter introduction that ustadzah made himself. So that students become easier to understand and read Iqra. The problems in this study are 1) How to Use Graphic Media to Support Iqra Reading Education for Santri TKA SirajuuttholibinPalangka Raya. 2) How to Implement Graphic Media to Support Iqra Reading Education for Santri TKA SirajuuttholibinPalangka Raya.
This study aims to 1) Describe the use of graphic media to support Iqra reading education for students of TKA SirajuttholibinPalangka Raya. 2) Describe the implementation of graphic media learning to support Iqra reading education for students of TKA SirajuttholibinPalangka Raya.
This study uses a qualitative or descriptive approach in the form of words, pictures and not numbers. The primary data source is an ustadzah. Data collection techniques are observation, interviews, and documentation. The data analysis techniques are data reduction, data presentation and drawing conclusions.
The results showed that: 1) The use of graphic media to support the education of reading Iqra books for students of TKA SirajuttholibinPalangka Raya had been going well, this was based on the existence that when learning MR ustadzah already used graphic media in the form of charts. 2) The implementation of graphic media learning has been done well. There are three activities: preliminary activities, core activities, and final activities. When learning MR uses graphic media in the form of charts, especially when introducing hijaiyah letters, students are more active and enthusiastic in the learning process. So the students can understand well.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Media Grafis; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 21 Jul 2021 04:05 |
Last Modified: | 21 Jul 2021 04:05 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3255 |
Actions (login required)
View Item |