Kepemimpinan kepala SMP Islam Terpadu Arafah Sampit dalam pengembangan sarana pembelajaran

Sucipto, Edie (2020) Kepemimpinan kepala SMP Islam Terpadu Arafah Sampit dalam pengembangan sarana pembelajaran. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Tesis Edie Sucipto - 19013253.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kepemimpinan tidak terlepas dari kegiatan mempengaruhi, membimbing dan memotivasi bawahan. Kepemimpinan kepala sekolah merupakan faktor yang menjadi kunci pendorong keberhasilan dan keberlangsungan dalam pengembangan sarana pembelajaran. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana kepala SMP Islam Terpadu Arafah Sampit mempengaruhi wakil kepala sekolah dan guru dalam pengembangan sarana pembelajaran, 2) Bagaimana kepala SMP Islam Terapdu Arafah Sampit membimbing wakil kepala sekolah dan guru dalam pengembangan sarana pembelajaran, 3) Bagaimana kepala SMP Islam Terpadu Arafah Sampit memotivasi wakil kepala sekolah dan guru dalam pengembangan sarana pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan penelitan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan informannya adalah wakil kepala sekolah dan 5 orang dewan guru. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode pengamatan atau observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan teknik trianggulasi sumber. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, pengurangan data, penyajian data dan verifikasi (menarik kesimpulan).

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pertama mempengaruhi dengan cara memerintahkan secara langsung kepada wakil kepala sekolah dan juga dewan guru untuk menggunakan sarana pembelajaran yang sudah tersedia dan mengupayakan melakukan inovasi sarana pembelajaran. Dewan guru diberikan keleluasaan untuk mengembangkan sarana pembelajaran dengan tetap memperhatikan rencana pembelajaran yang sudah dibuat dan disepakati. Kedua membimbing dengan cara memberikan kesempatan kepada bapak ibu guru untuk meningkatkan kompetensinya melalui acara seminar atau workshop dan juga memerintahkan guru untuk selalu ikut kegiatan musyawarah guru mata pelajaran. Pembimbingan melalui pembelajaran online juga dilakukan oleh kepala sekolah dengan mewajibkan semua guru untuk melaksanakan pembelajaran daring menggunakan aplikasi zoom ataupun Microsoft Teams . Penggunaan aplikasi tersebut merupakan bagian dari pengembangan sarana pembelajaran dari semula tatap muka menjadi tatap layar melalui komputer ataupun gadget. Ketiga memotivasi dengan mengajak wakil kepala sekolah dan juga seluruh dewan guru untuk studi banding ke sekolah sekolah yang lebih baik pengelolaannya , sehingga diharapkan bapak ibu guru termotivasi. Kepala sekolah juga memprogramkan lomba guru berprestasi di sekolah setiap tahunnya dan memberi hadiah kepada para pemenangnya.

ABSTRACT

A leadership can not be separated from influence, guiding and motivating the subordinate. The Principal’s leadership is an factor as a supporting key for success and directness in developing learning media. This research means to answer the research problem :1) How does the Principal of Arafah Integrated Islamic Junior High School at Sampit influence the vice principal and teacher in developing learning media, 2) How does the Principal of Arafah Integrated Islamic Junior High School at Sampit guiding the vice principal and teacher in developing learning media, 3) How does the Principal of Arafah Integrated Islamic Junior High School at Sampit motivating the vice principal and teacher in developing the learning media.

This research used qualitative approach and used qualitative descriptive. The subject of this research was the Principal and the vice principal and 5 teachers as the informant. The data colletion technique used observation, interview and documentation. The data validation technique used source triangulation. The data analysis technique used data collection, data reduction, data display and data verification (drawing conclusion).

The result of this research shown that first influenced with direct instruction the vice principal and teacher used the learning media which provided and try to effort to innovate the learning media. The teachers granted freedom to develop the learning media based on the lesson plan that has been made and agreed. Second, guiding with gave the opportunity for the teachers to improve their competence through seminar or workshop and also instructed the teachers to always follow the teacher organization activity. Guiding through online learning also did by the principal and obligated all the teachers to do online learning used zoom application or Microsoft Teams. The utilization those applications was a part of developing learning media from face to face become face the computer screen or gadget. Third, motivated through invited the vice principal and the teachers for comparative study with other school which has better management, so expected for teacher become motivated. The Principal also make a contest for good performance teacher at the school annually and gave the present for the winners.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 19 Jul 2021 08:20
Last Modified: 19 Jul 2021 08:25
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3249

Actions (login required)

View Item View Item