Pelaksanaan penilaian perkembangan anak usia dini di ra nurul hikmah Palangka Raya

Norhanisa, Norhanisa (2020) Pelaksanaan penilaian perkembangan anak usia dini di ra nurul hikmah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi NORHANISA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

Penelitian ini bertolak belakang dari pengalaman peneliti ketika mengajar di RA dan didapat bahwa pendidik di RA masih belum memahami tugas layaknya dikuasai oleh seorang pendidik terutama dalam melakukan penilaian atau assessment terutama terhadap tumbuh kembang anak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana 1) Pelaksanaan penilaian perkembangan anak usia dini di RA Nurul Hikmah Palangka Raya. 2) Cara guru mengisi lembar penilaian perkembangan anak usia dini di RA Nurul Hikmah Palangka Raya. 3) Kendala yang dihadapi guru dalam memberikan penilaian perkembangan anak usia dini di RA Nurul Hikmah Palangka Raya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang disajikan secara deskriptif yaitu dengan menggambarkan kondisi obyek secara alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Adapun Sumber data pada penelitian ini adalah guru dan kepala RA Nurul Hikmah Palangka Raya.

Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan penilaian pada aspek perkembangan anak usia dini di RA Nurul Hikmah Palangka Raya dilakukan setiap hari atau secara berkesinambungan. Kemudian cara menilai aspek perkembangan Kognitif dan Fisik Motorik anak dapat dilihat dari hasil kerja anak yang telah dikumpulkan. 2) Cara guru mengisi lembar penilaian pada aspek perkembangan anak usia dini di RA Nurul Hikmah Palangka Raya, yaitu dengan menuliskan BM (Mulai Muncul), MM (Mulai Muncul), BSH (Berrkembang Sesuai Harapan), BSB (Berkembang Sangat Baik). 3) Kendala yang dihadapi guru ketika memberikan penilaian perkembangan anak usia dini di RA Nurul Hikmah Palangka Raya, sebagai berikut: a) Alokasi waktu yang kurang dalam menilai, b) Membedakan kemampuan anak-anak yang sama, c) Anak yang jarang turun, d) Keinginan belajar anak yang kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan dan Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 19 Jul 2021 08:11
Last Modified: 19 Jul 2021 08:11
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3247

Actions (login required)

View Item View Item