Analisis kepuasan orangtua peserta didik terhadap kualitas pelayanan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pulang Pisau

Amanda, Novrianti (2020) Analisis kepuasan orangtua peserta didik terhadap kualitas pelayanan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pulang Pisau. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Novrianti Amanda -17013196 File 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Novrianti Amanda - 17013196 File 2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kualitas pendidikan ditentukan oleh salah satu faktor pelanggan yaitu kepuasan orang tua peserta didik terhadap layanan pendidikan yang diberikan oleh sekolah. Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pulang Pisau adalah satu-satunya madrasah negeri yang terletak di daerah perkotaan di Kabupaten Pulang Pisau dan diminati oleh masyarakat.

Tujuan penelitian ini untuk menganalisa tingkat kepuasan tingkat kepuasan orang tua peserta didik terhadap kualitas pelayanan pendidikan dan untuk mengidentifikasi faktor pelayanan yang harus diperioritaskan agar sesuai harapan oleh orang tua peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pulang Pisau.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif-kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Sampel penelitian ini sebanyak 75 sampel. Teknik pengumpulan data yang utama adalah menggunakan metode angket, wawancara, dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Gap-Analysis dan analisis tingkat kepentingan-kinerja (Importance-Performance Analysis).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan orang tua terhadap kelima dimensi kualitas pelayanan (Reliability (Reliabilitas), Assurance (Jaminan), Tangible (Bukti Fisik), Emphaty (Empati), dan Responsivenes (Ketanggapan) mayoritas orang tua peserta didik menyatakan puas terhadap kualitas pelayanan pendidikan di MTSN 1 Pulang Pisau, namun masih ada atribut yang dianggap sangat tidak memberikan kepuasan yang tinggi bagi orang tua yaitu sebesar 9,3% dalam dimensi Assurance (Jaminan) bahwa guru dan staf sekolah dianggap tidak mengerti apa yang harus dilakukan dalam memberikan pelayanan pendidikan. Faktor kualitas yang harus diprioritaskan agar sesuai dengan harapan orang tua peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri adalah memperhatikan kompetensi guru, melengkapi sarana dan prasarana sekolah, memperhatikan kemudahan orang tua peserta didik untuk mendapatkan informasi dan memperbaiki kesigapan sekolah membantu peserta didik dalam hal layanan pendidikan maupun ekonomi.

Abstract

The quality of education was determined by one of the factors, namely the parent’s satisfaction toward education services which were provided by the school. MTsN 1 Pulang Pisau is the only public Islamic School which located in the capital of Pulang Pisau Regency and it was attracted by the community.

The purposes of this research were: to analyze the level of parents’ satisfaction toward the quality of educational services and to identify the prioritized service factors which was expected by parents at MTsN 1 Pulang Pisau.

The research approach was qualitative-quantitative using survey method. It has 75 samples. The data collections were questionnaires, interviews, and observations. The data was analyzed by Gap-analysis and Importance-Performance Analysis.

The results of this research indicated that the level of parents’ satisfaction toward the five dimensions of service quality: reliability, assurance, tangible, empathy, and responsiveness. The majority of parents expressed satisfaction on educational service quality at MTsN 1 Pulang Pisau, but there were still attributes which considered very unsatisfactory for parents, namely 9.3% in the dimension of assurance which teachers and staff did not understand what necessary in providing educational services quality. The factors must be prioritized by them to match the parents’ expectation at MTsN 1 Pulang Pisau were paying attention to teacher competence, completing school facilities, and infrastructure, facilitating to the parents to get information and improving school readiness to assist students in terms of educational services and economy.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kualitas; Pelayanan Pendidikan;Kepuasan Orang Tua
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 15 Jul 2021 06:07
Last Modified: 15 Jul 2021 06:07
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3222

Actions (login required)

View Item View Item