Manajemen budaya religius pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kapuas

Sam'ani, Sam'ani (2020) Manajemen budaya religius pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kapuas. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Sam'ani - 18013221.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pentingnya budaya religius pada madrasah sebagai pengamalan nilai-nilai keagamaan bagi siswa dan seluruh warga madrasah dalam rangka menghadapi hal-hal yang tidak baik sebagai dampak dari kemajuan zaman. Dan belum adanya madrasah yang memanfaatkan penguatan budaya religius sebagai sistem ketahanan dan ciri khas dari madrasah sebagai madrasah yang unggul dan berkualitas. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Apa saja budaya religius yang ada pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kapuas? 2) Bagaimana perencanaan budaya religius pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kapuas? 3) Bagaimana implemnetasi budaya religius pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kapuas?

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, staf tata usaha dan siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode pengamatan atau observasi, wawancara dan dokumentasi. .Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan teknik trianggulasi sumber.Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi (menarik kesimpulan)

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pertama budaya religius yang ada pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kapuas adalah sebagai berikut 1) budaya salam dan salim (bersalaman). 2) budaya shalat dzuhur berjamaah, 3) berdo’a sebelum dan sesudah belajar, dan membaca alqur’an, dan 4) perayaan hari besar islam, dan 5) Budaya berbusana muslim. kedua Perencanaan Budaya Religius pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 kapuas telah melalui proses perencanaan (planning) berbentuk program kerja yang kemudian di buat jadwal pelaksanaan harian, mingguan dan tahunan. Kemudian di berikan beban tugasnya pada guru yang dipercaya mampu mengelolanya melalui proses rapat dan pembagian tugas masing-masing warga madrasah dan yang ketiga Implementasi budaya religius pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 kapuas yang diprogramkan telah terimplementasi dengan baik, yaitu penguatan dan penanaman nilai-nilai keagamaan melalui kegiatan harian, mingguan dan tahunan terhadap warga madrasah baik secara moral naupun spritual, karena dikoordinasikan, dan dibiasakan, serta didukung oleh semua elemen madrasah.

Abstract

The importance of religious culture in madrasas as a practice of religious values for students and all madrasa residents in order to deal with things that are not good as a result of the times. And there are no madrassas that utilize the strengthening of religious culture as a system of resilience and the characteristics of madrasas as superior and quality madrassas. This research is intended to answer the problem: 1) What are the religious cultures that exist in the State Madrasah Ibtidaiyah 2 Kapuas? 2) What is the planning of religious culture in Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kapuas? 3) How is the implementation of religious culture in Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kapuas?

This research uses a qualitative method with a descriptive approach. The subjects of this study were the headmaster of madrasas, teachers, administrative staff and students. Data collection methods in this study are the method of observation or observation, interviews and documentation. Data validation checking technique with source triangulation technique. Data analysis technique with data reduction, data presentation and verification (drawing conclusions)

The results obtained from this study are the first religious culture in the Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kapuas are as follows 1) salam and salim (shaking) culture. 2) Dzuhur prayer culture in congregation, 3) praying before and after studying, and reading the Koran, and 4) Islamic holiday celebrations, and 5) Muslim dress culture. second, the Religious Culture Planning at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 kapuas has gone through a planning process in the form of a work program which is then made a daily, weekly and annual implementation schedule. Then the task load is given to teachers who are believed to be able to manage it through a process of meeting and division of tasks of each madrasa and the third Implementation of religious culture in Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 kapuas which is programmed has been implemented well, namely strengthening and inculcation of religious values through daily, weekly and yearly activities for madrasa residents both morally and spiritually, because they are coordinated, accustomed to, and supported by all elements of the madrasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Budaya Religius; Manajemen; Madrasah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 13 Jul 2021 00:01
Last Modified: 13 Jul 2021 00:01
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3206

Actions (login required)

View Item View Item