Evaluasi program pelaksanaan kurikulum 2013 dengan model cipp (conteks, input, process, product) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kapuas

Azhar, Azhar (2020) Evaluasi program pelaksanaan kurikulum 2013 dengan model cipp (conteks, input, process, product) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kapuas. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Tesis Azhar - 18013209.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam pelaksanaan kurikulum 2013 Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kapuas masih ada guru yang belum mampu untuk melakukan pembelajaran dan penilaian yang benar terhadap siswa, keadaan ini menjadi permasalahan mendasar yang dihadapi oleh madrasah dalam pelaksanaan kurikulum 2013 hal tersebut kemudian yang menjadi dasar terhadap penelitian ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum 2013 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kapuas dengan menggunakan model CIPP yakni Context, Input, Process, dan Product. Penelitian evaluatif ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data subjek dari penelitian adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, dan sebagai informan adalah tata usaha dan siswa dengan menggunakan instrumen wawancara, dokumentasi dan observasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan ketekunan pengamatan, disertai triangulasi yaitu sumber, metode dan teori. Analisis menggunakan tehnik analisis data kualitatif.

Hasil dalam penelitian ini adalah pertama Evaluasi konteks pelaksanaan kurikulum 2013 berupa lingkungan dan keadaan madrasah yang cukup mendukung, dan guru dapat memahami tentang kurikulum 2013 serta siswa juga berupaya untuk menerima dan memahami pelaksanaan kurikulum 2013. Kedua evaluasi input pelaksanaan kurikulum 2013 berupa dokumen dan buku pedoman guru dan pegangan siswa masih belum lengkap juga sumber daya manusia atau tenaga pendidik masih lemah kualitasnya, serta sarana dan prasarana yang di miliki madrasah ini belum terpenuhi standarisasinya, Ketiga Evaluasi proses pelaksanaan kurikulum 2013 berupa persiapan pembelajaran kurikulum 2013 guru masih belum maksimal. Dan pembelajaran berbasis Saintifik yaitu memuat prinsip 5M (mengamati, menanya, menalar, mencoba serta mengkomunikasikan) yang terdiri dari pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Keempat Evalusi produk pelaksanaan kurikulum 2013 yaitu berupa hasil belajar siswa telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, penginputan nilai rapor menjadi kesulitan yang serius bagi guru. Dan Lembar kerja siswa (LKS) selalu ada di masukkan dalam RPP, namun hasil mengcopy dari buku atau penerbit.

ABSTRACT

In the implementation of the 2013 Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kapuas curriculum there are still teachers who have not been able to do proper learning and assessment of students, this situation is a fundamental problem faced by madrasas in implementing the 2013 curriculum.

This study aims to determine the implementation of the 2013 curriculum in the Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kapuas by using the CIPP model namely Context, Input, Process, and Product. This evaluative study uses a qualitative descriptive method with data sources on madrasah principals, deputy madrasah heads, library heads, teachers and administration as well as students using interview, documentation and observation instruments. Testing the validity of the data in this study using perseverance of observation, accompanied by triangulation of sources and methods. Analysis using qualitative data analysis techniques.

The results in this study are firstly evaluating the context of the implementation of the 2013 curriculum in the form of an environment and the conditions of the madrasah which is quite supportive, and the teacher can understand the 2013 curriculum calm and students also strive to accept and appreciate the implementation of the 2013 curriculum. the teacher and student grip is still incomplete, the human resources or teaching staff are still of poor quality, and the facilities and infrastructure owned by this madrasa have not yet been met, the third standard. And scientific-based learning that contains the principle of 5M (observing, asking, reasoning, trying and communicating) consisting of introduction, core activities, and closing activities. Fourth Evaluation of the implementation of the 2013 curriculum in the form of student learning outcomes has been going well and in accordance with the objectives set, inputting report cards becomes a serious difficulty for teachers. And student worksheets (LKS) are always included in the lesson plan, but the results are copied from books or publishers.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 12 Jul 2021 03:08
Last Modified: 12 Jul 2021 03:08
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3195

Actions (login required)

View Item View Item