Pengaruh loyalitas konsumen terhadap tingkat penjualan (studi pada usaha kopi about something coffee Palangka Raya)

Safitri, Siti Harvia (2020) Pengaruh loyalitas konsumen terhadap tingkat penjualan (studi pada usaha kopi about something coffee Palangka Raya). Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Siti Harvia Safitri - 1604120491.pdf

Download (1MB)

Abstract

Asosisasi eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) menyebutkan pertumbuhan konsumsi kopi nasional meningkat dari 0,8 kilogram per kapita menjadi, 3 kilogram per kapita. Adanya peningkatan konsumsi kopi per kapita yang cukup tinggi, hal ini menjadi salah satu penyebab berkembangnya usaha kopi secara pesat di Indonesia khususnya di Kota Palangka Raya. Perkembangan secara pesat ini juga dapat mempengaruhi pilihan konsumen terhadap sebuah produk kopi yang semakin lama semakin berkembang dan menawarkan banyak pilihan. Maka dari itu para pelaku usaha khususnya di bidang usaha kopi diharapkan dapat menjalin hubungan yang baik terhadap konsumen untuk menciptakan loyalitas konsumen dan melakukan strategi-strategi yang tepat untuk terus dapat menjaga loyalitas konsumen terhadap produk yang disediakan. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu bagaimana pengaruh loyalitas konsumen terhadap tingkat penjualan usaha kopi di Palangka Raya yang ditujukan untuk mengetahui pengaruh loyalitas konsumen pada tingkat penjualan pada usaha kopi di kota Palangka Raya.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Dari hasil uji coba instrument yang dilakukan pada 40 responden dengan jumlah 14 item pernyataan dinyatakan sebagian valid dan dapat digunakan untuk mengumpulkan data pada sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen About Something Coffee, sedangkan sampel sebanyak 85 responden, dari jumlah responden tersebut diberikan angket untuk dijawab. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, analisis korelasi sederhana dan regresi linier sederhana menggunakan SPSS 16.0.

Hasil analisis yang telah dilakukan, menunjukan hasil uji normalitas menggunakan One-sample kolomogrov sminov Test memperoleh hasil Asymp. Sig. sebesar 0,879, yang artinya variabel independen (X) dan variabel dependen (Y) memiliki nilai yang berdistibusi normal. Hasil uji analisis korelasi sederhana dengan menggunakan teknik Product moment pearson yang menunjukan nilai sebesar 0,682 dikategorikan sebagai ‘hubungan cukup’. Nilai Sig. pada uji regresi linier sederhana sebesar 0,000 ˂ 0,05. Dengan a = angka konstan pada Unstandardized Coefficients memiliki nilai sebesar 12,580 dan b = angka koefisien regresi sebesar 0,418. nilai R Square sebesar 0,465 sehingga dapat ditafsirkan bahwa variabel bebas X memiliki pengaruh kontribusi sebesar 46,5% terhadap variabel terikat Y maka berpengaruh secara positif.

ABSTRACT

The Indonesian Coffee Exporters and Industry Association (AEKI) said that the national Coffee consumption growth increased from 0.8 kilograms per capita to 3 kilograms per capita. The increase in per capita Coffee consumption is quite high, this is one of the causes of the rapid development of Coffee businesses in Indonesia, especially in the City of Palangka Raya. This rapid development can also affect consumer choices for a Coffee product which is increasingly developing and offers many choices. Therefore, business actors, especially in the Coffee business sector, are expected to establish good relationships with consumers to create consumer loyalty and carry out appropriate strategies to continue to maintain consumer loyalty to the products provided. This study has a problem formulation, namely how the influence of consumer loyalty on the level of sales of Coffee businesses in Palangka Raya which aims to determine the effect of consumer loyalty on the level of sales in the Coffee business in Palangka Raya.

This research is a field research using quantitative research. The data collection method used a questionnaire and observation. From the results of instrument trials conducted on 40 respondents with a total of 14 statement items stated partially valid and can be used to collect data on the research sample. The population in this study were consumers of About Something Coffee, while a sample of 85 respondents, of the number of respondents were given a questionnaire to answer. While the data analysis technique used is normality test, simple correlation analysis and simple linear regression using SPSS 16.0.

The results of the analysis that have been carried out, show the results of the normality test using the One-sample Columnogrov Sminov Test to obtain Asymp results. Sig. equal to 0.879, which means that the independent variable (X) and the dependent variable (Y) have a normally distributed value. The simple correlation analysis test results using the Pearson Product moment technique which shows a value of 0.682 is categorized as 'sufficient relationship'. Sig value. on the simple linear regression test of 0.000 ˂ 0.05. With a = constant number on Unstandardized Coefficients having a value of 12.580 and b = number of regression coefficients of 0.418. The value of R Square is 0.465, so it can be interpreted that the independent variable X has a contribution effect of 46.5% on the dependent variable Y so it has a positive effect.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konsumen;
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 08 Jul 2021 04:22
Last Modified: 08 Jul 2021 04:22
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3179

Actions (login required)

View Item View Item