Upaya BMT Daarussalaam Kuala Pembuang dalam menumbuhkan minat menabung siswa dengan menggunakan produk tabungan sisdimik

Mahdayanti, Wini (2019) Upaya BMT Daarussalaam Kuala Pembuang dalam menumbuhkan minat menabung siswa dengan menggunakan produk tabungan sisdimik. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Wini Mahdayanti - 1604110049.pdf

Download (1MB)

Abstract

BMT Daarussalaam Kuala Pembuang saat ini mengenalkan produk tabungan SIMDIK dikalangan pelajar, peminat produk tabungan ini sangat banyak dibeberapa sekolahan dikuala pembuang yaitu SMAN-1 Kuala Pembuang, SD IT Qurrota A’yun dan SDN-2 Persil Raya Kuala Pembuang. Dalam segi upaya terlihat adanya peran dan motif yang sangat bagus sehingga meningkatkan kepercayaan nasabah terhadap BMT Daarussalaam. Maka dari itu penulis merangkul rumusan masalah sebagai berikut (1)Bagaimana peran BMT Daarussalaam Kuala Pembuang terhadap aktivitas sosial ? (2)Bagaimana strategi dan motif sosial BMT Daarussalaam Kuala Pembuang dalam upaya menumbuhkan minat dengan menggunakan Produk Simdik? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran BMT Daarussalaam terhadap aktivitas sosial dan motif sosial BMT Daarussalaam dalam upaya menumbuhkan minat dengan menggunakan Produk SIMDIK.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik penentuan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan subjek berdasarkan beberapa pertimbangan antara lain pihak BMT Daarussalaam yang bersangkutan, guru (kolektor disekolah) dan siswa dari sekolahan tersebut, ditentukan. Pengabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Selanjutnya data diolah dan dianalisis dengan beberapa tahapan yaitu :pengumpulan data/ reduksi data (coding), penyajian data, conclusions (penarikan kesimpulan dengan melihat penyajian data), danVerifikasi (penarikan kesimpulan untuk menjawab dari rumusan masalah).

Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil wawancara bahwa peran yang digunakaan dalam menjalankan aktivitasnya terdapat peran pembangunan dan peran edukasi yang memiliki tujuan mempermudahkan pihak sekolah (kolektor) dalam membantu BMT Daarussalaam, sehingga kemudahan dalam melakukan edukasi promosi dan komunikasi membuat siswa lebih nyaman untuk menabung dikantor cabang BMT. Dalam motif BMT Daarussalaam menarik minat pelajar yaitu terdapat motif sosial dan motif ekonomi, bertujuan melakukan edukasi dan pendekatan terhadap guru dan siswa disekolahan, sedangkan dalam motif ekonomi perannya pemberdayaan guru-guru untuk meningkatkan perekonomian kolektor, dengan adanya profit dalam tabungan SIMDIK juga menambah kekuatan modal BMT Daarussalaam sebagai penghimpun dan penyalur dana dalam bentuk

Asbtract

BMT Daarussalaam Kuala Pembuang is currently introducing SIMDIK savings products among students, enthusiasts of savings products are very much in several schools in kuala pembuang, namely SMAN-1 Kuala Pembuang, SD IT QurrotaA’yun and SDN-2 Persil Raya Kuala Pembuang. In terms of effort there is a very good role and motive that can increase customers’ trust in BMT Daarussalaam. Therefore the author embraces the following problem formulation (1) how is the role of the Daarussalaam BMT in Kuala Pembuang on social activities? (2) how Daarussalaam’s BMT Kuala Pembuang social strategies and motives in an effort to foster interest by using Simdiksavings Products? The purpose of this study is to determine the role of Daarussalaam BMT on social activities and social motives of Daarussalaam BMT in an effort to foster interest by using SIMDIK products.

This research method uses a descriptive qualitative approach. Data collection was carried out using interview, observation and documentation techniques. The subject determination technique in this study uses a purposive sampling technique that is the subject determination technique based on several considerations including the relevant Daarussalaam BMT, the teacher (the school collector) and students of the school, determined. Data validation is done by using triangulation. Furthermore, the data is processed and analyzed with several stages, namely: data collection / data reduction (coding), data presentation, conclusions (drawing conclusions by looking at the data presentation), and Verification (drawing conclusions to answer from the problem formulation).

The results of this study are based on interviews that the role used in carrying out their activities is the role of development and the role of education which has the aim of making it easier for the school (collector) to help Daarussalaam BMT, so the ease of conducting promotional and communication education makes students more comfortable to save at the branch office BMT. In the Daarussalaam BMT motives attract students' interest, there are social motives and economic motives, aimed at educating and approaching teachers and students in schools, while in economic motives the role of empowering teachers to improve the economy of collectors, with the profit in SIMDIK savings also adds capital strength BMT Daarussalaam as a collector and distributor of funds in the form of financing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tabungan Siswa;Upaya; Minat Siswa
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 08 Jul 2021 01:39
Last Modified: 13 Jan 2023 07:27
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3175

Actions (login required)

View Item View Item