Nor, Muhammad (2020) Sejarah pondok pesantren nahdlatussalam anjir serapat tengah, kuala kapuas (1948-2019 m): perspektif perubahan sosial. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Muhammad Nor - 1603150017.pdf Download (819kB) |
Abstract
Perubahan sosial yang di masyarakat merupakan hal yang lazim di setiap zaman, termasuk bagi masyarakat Desa Anjir Serapat Tengah. Perubahan sosial sendiri, di satu sisi bisa memberikan dampak positif dan satu sisi juga memberikan dampak negatif kepada masyarakat. Oleh sebab itu, kehadiran Pondok Pesantren Nahdlatussalam diharapkan dapat memberikan peranan positif terhadap arus perubahan sosial yang terjadi secara dinamis di masyarakat Desa Anjir Serapat Tengah. Berdasarkan latar belakang itu, peneliti merumuskan dua permasalahan yang akan dijawab oleh peneliti, yaitu: Pertama, bagaimana sejarah Pondok Pesantren Nahdlatussalam. Kedua, bagaimana bentuk perubahan sosial dan eksistensi Pondok Pesantren Nahdlatussalam di Desa Anjir Serapat Tengah.
Jenis Penelitian ini penelitian sejarah/historiografi (bersifat kualitatif deskriptif), dengan menggunakan sumber data berupa sumber primer, yaitu informasi yang bersumber dari pengamatan langsung ke lokasi penelitian dengan cara observasi dan wawancara sejarah lisan. Sedangkan sumber skunder yaitu data yang diperoleh dari dokumentasi atau studi kepustakaan untuk melengkapi data-data primer. Pengumpulan data dilakukan melalui field research.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pondok Pesantren Nahdlatussalam memberikan kontrol terhadap perubahan sosial yang terjadi di masyarakat Desa Anjir Serapat Tengah, baik itu dari sektor ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, keagamaan, pendidikan, dan sosial budaya. Adapun saran-saran untuk ke depan di antaranya: Kepengurusan yayasan harus lebih aktif lagi dalam meningkatkan program-program yang akomodatif untuk mewujudkan masyarakat muslim yang cerdas dan beradab. Selain itu, para tokoh masyarakat (stake holder) harus lebih meningkatkan perhatian dan dukungannya untuk kemajuan Pondok Pesantren Nahdlatussalam dan masyarakat Desa Anjir Serapat Tengah.
ASBTRACT
Social changes in the community are common in every age, including for the people of Anjir Serapat Tengah Village. Social change itself, on the one hand, can have a positive impact and one side also has a negative impact on society. Therefore, the presence of the Nahdlatussalam Islamic Boarding School is expected to provide a positive role in the flow of social change that occurs dynamically in the Anjir Serapat Tengah village community. Based on that background, researchers formulated two problems that would be answered by researchers, namely: First, what is the history of the Nahdlatussalam Islamic Boarding School. Second, what are the form of social change and the existence of Nahdlatussalam Islamic Boarding School in Anjir Serapat Tengah Village.
This type of research is historical/historiographic research (descriptive qualitative), using data sources in the form of primary sources, namely, information sourced from direct observations to the study site by observation and oral history interviews. While secondary sources are data obtained from documentation or study of literature to supplement primary data. Data collection is done through field research.
The results showed that the Nahdlatussalam Islamic Boarding School provides control over social changes that occur in the Anjir Serapat Tengah village community, both from the economic sector and community welfare, religion, education, and socio-culture. The suggestions for the future include: Management of the foundation must be even more active in increasing accommodative programs to create an intelligent and civilized Muslim society. In addition, community leaders (stakeholders) should increase their attention and support for the progress of the Nahdlatussalam Islamic Boarding School and the community of Anjir Serapat Tengah Village.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sejarah; Pondok Pesantren |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2202 History and Philosophy of Specific Fields > 220202 History and Philosophy of Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Jurusan Adab > Program Studi Sejarah Peradaban Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 07 Jul 2021 03:01 |
Last Modified: | 07 Jul 2021 03:01 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3161 |
Actions (login required)
View Item |