Pemanfaatan google form sebagai alat evaluasi pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama islam di SMKN 2 Palangka Raya

Meirawati, Eka (2020) Pemanfaatan google form sebagai alat evaluasi pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama islam di SMKN 2 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Eka Meirawati - 1601112095.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari adanya potensi yang dapat dimanfaatkan dari perangkat smartphone yang bisa dikembangkan untuk mempermudah seorang guru dalam hal evaluasi pembelajaran di SMKN 2 Palangka Raya yang masih menggunakan lembar kertas pada saat proses evaluasi pembelajaran (metode konvensional), akan tetapi potensi tersebut belum dimanfaatkan. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana pemanfaatan Google Form sebagai alat evaluasi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Palangka Raya.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pemanfaatan Google Form sebagai alat evaluasi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Palangka Raya (2) Untuk mengetahui tanggapan guru terhadap pemanfaatan Google Form sebagai alat evaluasi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Palangka Raya (3) Untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap pemanfaatan Google Form sebagai alat evaluasi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Palangka Raya.

Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analitis. Pemanfaatan Google Form sebagai alat evaluasi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Palangka Raya menjadi subjek penelitian, dan guru mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam serta siswa kelas XI Otomotisasi Tata Kelola Perkantoran menjadi objek penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemanfaatan Google Form sebagai alat evaluasi pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Palangka Raya secara umum telah dimanfaatkan secara baik, sejak penyusunan rencana evaluasi hasil belajar, menghimpun data, melakukan verifikasi data, mengolah dan menganalisis data, memberikan interpretasi dan menarik kesimpulan serta adanya tindak lanjut dari guru. (2) Guru memberikan tanggapan baik berdasarkan aspek efektifitas waktu, biaya, tenaga, kemudahan penggunaan/manfaat serta tampilan/kemenarikan. (3) Berdasarkan aspek efektifitas waktu, biaya, tenaga, kemudahan penggunaan/manfaat serta tampilan/kemenarikan peserta didik memberikan tanggapan baik.

ABSTRACT

The potential of smartphones as a learning evaluation tool has not been maximally utilized by the teacher at SMKN 2 Palangka Raya in which they still used conventional methods using paper-based evaluation. Therefore, this study aims to identify the utilization of Google Form as a tool for the learning of Islamic Religious Education in SMKN 2 Palangka Raya.

This study aims to (1) Determine the utilization of Google Form as a learning evaluation tool for Islamic Religious Education in SMKN 2 Palangka Raya (2) Determine the teacher's response to the utilization of Google Form as a learning evaluation tool for Islamic Religious Education in SMKN 2 Palangka Raya. (3) Find out students' responses to the utilization of Google Form as a learning evaluation tool for Islamic Religious Education in SMKN 2 Palangka Raya.

This qualitative study used descriptive-analytical methods. The subject of this study was the utilization of Google Form as a learning evaluation tool for Islamic Religious Education in SMKN 2 Palangka Raya, while the objects were teachers of Islamic Religious Education and grade XI students of Automation of Office Governance.

The result of this study indicated that: (1) Google Form as a learning evaluation tool for Islamic Religious Education in SMKN 2 Palangka Raya has generally been utilized well, from the preparation, data collection, data verification, data analysis, interpretation, and drawing conclusions as well as the follow-up. (2) The teacher provides good responses based on the aspects of time effectiveness, cost, energy, ease of use/benefits, and appearance/attractiveness. (3) Students also provide good responses based on the aspects of time effectiveness, cost, energy, ease of use/benefits, and appearance/attractiveness.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan agama islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 07 Jul 2021 02:54
Last Modified: 07 Jul 2021 02:54
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3160

Actions (login required)

View Item View Item