Strategi pemasaran jasa pijat refleksi griya sehat Shiatsu modern di Palangka Raya

Putri, Nilam Pratiwi (2020) Strategi pemasaran jasa pijat refleksi griya sehat Shiatsu modern di Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Nilam Pratiwi Putri - 1604120486.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pijat merupakan salah satu bentuk metode pengobatan yang umum dijumpai. Di Indonesia banyak yang telah mengenal pijat sebagai pengobatan alternatif bahkan mengembangkan pijat sebagai usaha yang dapat menghasilkan untung. Dikota Palangka Raya banyak ditemukan usaha yang bergerak dalam bidang jasa pijat. Contohnya Griya Sehat Shiatsu Modern, Griya Sehat Shiatsu Modern merupakan salah satu tempat pijat refleksi yang ada di Kota Palangka Raya yang memiliki pelayanan yang sangat baik. Dalam penelitian ini di latar belakangi oleh sistem pemasaran yang dilakukan oleh Griya sehat. Tujuan dalam penelitian ini adalah guna mengetahui strategi pemasaran jasa pijat refleksi yang diterapkan oleh Griya Sehat Shiatsu Modern dan mengetahui strategi pemasaran jasa pijat refleksi Griya Sehat Shiatsu Modern dalam persfektif ekonomi islam.

Jenis metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam Modern, dan konsumen. Objek dalam penelitian ini berjumlah 4 subjek yakni penanggung jawab sebagai subjek utama dalam penelitian ini, dengan 3 informan yang mana 1 informan dari karyawan Griya sehat Shiatsu Modern Jl. G.obos dan 2 infroman penelitian ini adalah penanggung jawab, karyawan Griya Sehat Shiatsu lainnya adalah konsumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dalam penelitan ini menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan kesimpulan.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa jasa pijat refleksi Griya Sehat Shiatsu Modern menerapkan indikator bauran pemasaran yang dikenal sebagai 7 P sebagai strategi pemasaran untuk menarik minat konsumen. Strategi 7 P merupakan (produc) produk, (price) harga (place) tempat, (promotion) promosi, (people) orang, (physical evidene) bukti fisik, dan (process) proses. Strategi pemasaran jasa pijat refleksi Griya sehat shiatsu modern menurut persfektif ekonomi islam yakni sudah sesuai dengan 4 karakeristik pemasaran Islam yakni teitis, etis, realistis, dan humanistis.

Abstract

Massage is a common form of treatment method. In Indonesia many have known massage as an alternative treatment and even developed massage as a profitable business. In Palangka Raya city, there are many businesses engaged in massage services. For example Griya Sehat Shiatsu Modern, Griya Sehat Shiatsu Modern is one of the reflexology massage places in Palangka Raya City that has excellent service. In this study in the background by the marketing system conducted by Griya sehat. The purpose of this study is to know the marketing strategy of reflexology services implemented by Griya Sehat Shiatsu Modern and to know the marketing strategy of Griya Sehat Shiatsu Modern reflexology massage services in islamic economic persfective.

The type of research method used is qualitatively descriptive. Subjects in Modern, and consumers. The object in this study is 4 subjects that are responsible as the main subject in this study, with 3 informants of which 1 informant from griya sehat employee Shiatsu Modern Jl. G.obos and 2 informants of this study are in charge, other Griya Sehat Shiatsu employees are consumers. Data collection techniques are carried out by observation methods, interviews and documentation. Technical data analysis in this research uses data collection techniques, reduction, display, and conclusions.

From this research it can be concluded that Griya Sehat Shiatsu Modern reflexology services apply a marketing mix indicator known as 7 P as a marketing strategy to attract consumers. Strategy 7 P is (product), (price), (place), (promotion), (people), (physical evidene), and (process). The marketing strategy of griya healthy reflection massage services modern shiatsu according to the economic effectiveness of Islam is in accordance with 4 karakeristic islamic marketing namely theitis, ethical, realistic, and humanistic.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jasa Pijat Refleksi; Minat Konsumen; Strategi Pemasaran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 06 Jul 2021 04:19
Last Modified: 06 Jul 2021 04:19
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3158

Actions (login required)

View Item View Item