Pengaruh motivasi lingkungan sosial terhadap keputusan berwirausaha bagi mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Palangka Raya

Hidayah, Almayanti (2020) Pengaruh motivasi lingkungan sosial terhadap keputusan berwirausaha bagi mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Almayanti Hidayah - 1604120497.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berwirausaha merupakan terobosan dalam mengurangi pengangguran terdidik yang semakin tahun semakin bertambah, salah satu solusinya adalah dengan mencetak lulusan lembaga pendidikan yang memiliki potensi untuk mengembangkan keterampilannya agar menjadi usaha mandiri. Dorongan motivasi lingkungan sosial merupakan salah satu faktor yang mendukung keputusan untuk berwirausaha. Adanya pengaruh motivasi lingkungan sosial terhadap keputusan berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Palangka Raya. Diketahui, bahwa besarnya pengaruh motivasi lingkungan sosial terhadap keputusan berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Palangka Raya.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan menggunakan instrumen angket tertutup. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Palangka Raya yang sudah memilki sebuah usaha yang berjumlah 39 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan teknik sampling jenuh, yakni semua populasi digunakan sebagai sampel (sampel total). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment menggunakan SPSS 25.0 dan teknik analisis menggunakan regresi linier sederhana.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi motivasi lingkungan sosial terhadap keputusan berwirausaha sebesar 0,667. Berdasarkan interpretasi koefisien korelasi nilai r, maka 0,667 termasuk tingkat hubungan “kuat”. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara motivasi lingkungan sosial terhadap keputusan berwirausaha. Signifikansi antara variabel motivasi lingkungan sosial (X) dan variabel keputusan berwirausaha (Y) adalah 0,000. Berdasarkan kaidah keputusan dari hipotesis, dengan nilai probabilitas 0,05 lebih besar atau sama dengan nilai ptobabilitas Sig, atau (0,05 ≥ 0,000) Maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya signifikan. Serta koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,445, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (motivasi lingkungan sosial) terhadap variabel terikat (keputusan berwirausaha) adalah sebesar 44,5%, sedangkan sisanya 55,5% dipengaruhi oleh variabel yang lain.

ABSTRACT

Entrepreneurship is a breakthrough in reducing educated unemployment which is increasingly growing, one of the solutions is to produce graduates of educational institutions that have the potential to develop their skills to become independent businesses. Motivation of the social environment is one of the factors that support the decision to become entrepreneurs. The formulation of the problem in this study is how is the influence of social environmental motivation on entrepreneurial decisions of the Faculty of Economics and Islamic Business (FEBI) IAIN Palangka Raya. With the aim of knowing how much influence the motivation of the social environment on entrepreneurial decisions of the Faculty of Economics and Islamic Business (FEBI) IAIN Palangka Raya.

This research is a quantitative descriptive study with the type of field research. Data collection methods in this study used observation and a closed questionnaire. The population in this study were students of the Faculty of Economics and Islamic Business (FEBI) IAIN Palangka Raya who already have a business that gathered 39 people. The sampling technique in this study is nonprobability sampling with saturated sampling technique, i.e. all populations used as samples. While the data analysis technique used is the Pearson product moment comparison using SPSS 25.0 and the analysis technique using simple linear regression.

The results of this study indicate that the correlation of social environmental motivation on entrepreneurial decisions is 0.667. Based on the interpretation of the correlation coefficient r, then 0.667 includes the level of "strong" relationship. This shows that there is a significant correlation between the motivation of the social environment and entrepreneurial decisions. The significance between the social environmental motivation variable (X) and the entrepreneurial decision variable (Y) is 0,000. Based on the decision rules of the hypothesis, with a probability value of 0.05 greater or equal to the value of the probability of Sig, or (0.05 ≥ 0,000) Then Ho is rejected and Ha is accepted, meaning significant. And the coefficient of determination (R Square) of 0.445, which implies that the influence of the independent variable (social environmental motivation) on the dependent variable (entrepreneurial decision) is 44.5%, while the remaining 55.5% is influenced by other variables.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Wirausaha
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 06 Jul 2021 03:37
Last Modified: 07 Jul 2021 02:25
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3153

Actions (login required)

View Item View Item