Penerapan metode praktikum ditinjau dari kps peserta didik materi jamur kelas x MAN Dusun Timur Tamiang Layang

Suhaimi, M. (2020) Penerapan metode praktikum ditinjau dari kps peserta didik materi jamur kelas x MAN Dusun Timur Tamiang Layang. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi M. Suhaimi - 1401140375.pdf

Download (942kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran Biologi di MAN Dusun Timur hanya menggunakan metode ceramah tanpa praktikum. Hal ini menyebabkan peserta didik tidak aktif dan kurang mengajarkan peserta didik dalam proses berpikir untuk menemukan pengetahuannya sendiri melalui kerja ilmiah, sehingga perlunya pembelajaran yang dapat menghubungkan konsep dengan kehidupan sehari-hari yaitu melalui metode Praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterterapan metode praktikum ditinjau dari KPS, untuk mendeskripsikan hasil belajar kognitif peserta didik dan untuk mendeskripsikan KPS melalui penerapan metode praktikum materi jamur pada peserta didik Kelas X MAN Dusun Timur Tamiang Layang.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, Pretest-Posttest Control Group Design yaitu desain penelitian yang melibatkan dua kelompok subjek penelitian adalah peserta didik MAN Dusun Timur kelas XA dengan jumlah peserta didik sebanyak 8 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterterapan pembelajaran dan KPS serta tes hasil belajar peserta didik. Analisis data menggunakan penilaian lembar observasi dan peningkatan hasil belajar kognitif dengan uji N-gain.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterterapan pembelajaran dengan menggunakan metode praktikum, menunjukan persentasi dari kedua pertemuan masuk kategori Baik sebesar 79.4%. (2) Metode praktikum dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dengan nilai rata-rata Pretest 28 dan Posttest 78 serta nilai rata-rata N-gain sebesar 0,69 dengan kategori tinggi; (3) Dengan menggunakan metode praktikum, persentase keterampilan proses sains peserta didik memperoleh nilai rata-rata sebesar 85%dengan kategori sangat baik; Metode praktikum ini dapat direkomendasikan untuk dapat meningkatkan KPS dan hasil belajar kognitif untuk materi fungi.

ABSTRACT

This research departed from the implementation of Biology learning activities in MAN Dusun Timur only using lecture method without practicum. This caused students to be inactive and not teach students in the process of thinking to find their own knowledge through scientific work, so the need for learning that can connect concepts with daily life was through the Practicum method. This study aimed to determine how much the ability of KPS owned by students could develop and whether it influenced through practicum methods and to determine students' cognitive learning outcomes after using practicum methods on mushroom material.

This study used a qualitative descriptive method, Pretest-Posttest Control Group Design, namely a research design that involved two groups of research subjects, students in the dusun timur of tenth Class with 8 students. Data collection techniques using observation sheets and test results of learning the science process skills of students. Data analysis used observation sheet assessments and improved cognitive learning outcomes with the N-gain test.

The results showed that: (1) The applicability of learning using the practicum method shows the percentage of the two meetings being in the Good category by 79.4%. (2) Practical methods can improve students' cognitive learning outcomes with an average score of Pretest 28 and Posttest 78 and an average value of N-gain of 0.69 with a high category; (3) Using the practicum method, the percentage of science process skills of students obtains an average value of 85% with a very good category. This practicum method could be recommended to be able to improve KPS and influence cognitive learning outcomes for fungi material.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Praktikum; Pendidikan Biologi
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 03 Jul 2021 03:50
Last Modified: 03 Jul 2021 03:50
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3145

Actions (login required)

View Item View Item