Manajemen pendidikan karakter dalam Pembelajaran pendidikan agama islam di MIN - 1 Lamandau Kecamatan Bulik Kabupaten Lamandau

Heriadi, Heriadi (2020) Manajemen pendidikan karakter dalam Pembelajaran pendidikan agama islam di MIN - 1 Lamandau Kecamatan Bulik Kabupaten Lamandau. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Bagian Depan.pdf

Download (634kB)
[img] Text
Isi Tesis Heriadi - 18013236.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pentingnya pendidikan karakter dalam pembelajaran adalah untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter siswa. Untuk itu Keberhasilan pendidikan karakter di sekolah/madrasah ditentukan oleh manajemennya, khususnya manajemen guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan baik, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.

Secara umum masalah penelitian ini adalah bagaimana manajemen pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian atau pengawasan pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MIN – 1 Lamandau. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan manajemen pendidikan karakter, yang meliputi: proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian atau pengawasan pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MIN – 1 Lamandau.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologis. Sumber data penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam yang menjadi subjek penelitian, sedangkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru kelas, tata usaha, orangtua siswa dan siswa sebagai informan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data penelitian dilakukan melalui langkah-langkah : (1) pengumpulan data, (2) mereduksi data, (3) pemaparan data, dan (4) penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian sebagai berikut : Pertama, dalam perencanaan pendidikan karakter guru-guru pendidikan agama Islam sudah membuat perangkat pembelajaran dengan baik yang tertuang dalam dokumen perangkat pembelajaran. Kedua, pengorganisasian, dalam struktur organisasi sekolah masing-masing bidang tugas sudah melaksanakan, fungsi, dan tanggung jawab sesuai dengan posisi masing-masing. Begitu juga dalam pengelolaan pembelajaran guru-guru sudah mampu mengorganiasi kelas sesuai dengan perencanaan baik secara online maupun ofline. Ketiga, pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam ditempuh melalui : 1) implementasi nilai-nilai pendidikan karakter ke dalam materi pelajaran PAI dalam setiap pembelajaran 2) pengintegrasian melalui kegiatan, ekstrakurikuler, dan 3) kegiatan pembudayaan atau pembisaan, terdiri dari kegiatan kegiatan rutin, kegiatan keteladanan, kegiatan spontan, dan pengondisian. Keempat pengawasan, ini dilakukan oleh guru dalam bentuk pemantauan secara langsung terhadap pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter, melalui instrumen, dan evaluasi pembelajaran. Dalam pengawasan ini juga dibantu oleh orangtua. Kemudian berdasarkan hasil pengawasan dan evaluasi peneliti, bahwa target lima nilai karakter yang diinginkan oleh MIN-1 Lamandau sudah tercapai yaitu nilai religius, jujur, disiplin, mandiri dan bertanggungjawab. Dan secara kualitatif perilaku siswa sudah mulai terlihat dan mulai berkembang.

ABSTRACT

The importance of character education in learning is to increasing implementation quality and result at school that direct on students’ character building achievement. For that, the success of character education at school/madrasah decided by its management, especially teachers’ management in preparing learning media well, start from planning, organizing, implementation and monitoring.

In general, the research problem is how is character education management in Islamic education learning include : Planning, organizing, implementation and controlling or monitoring of character education in Islamic education learning at MIN-1 Lamandau. The research objective is to describe character education management that include : Planning process, organizing, implementation and controlling or monitoring of character education in Islamic education learning at MIN-1 Lamandau.

This research used phenomenology qualitative method. The data source in this research was a teacher of Islamic Education that became research subject, while principal, vice principal, classroom teacher, administration, parents and students as informant. Data collection technique used observation, interview and documentation. Data analysis done by some phases : (1) Data collection, (2) Data reduction, (3) Data display, (4) Drawing conclusion.

The result of this research showed that : First, in planning the character education, the Islamic education teachers already made learning media well that recorded on learning media document. Second, organizing, in school organizational structure each sector have been implemented the duty, function, and responsibility according each position. In organized the learning, the teacher able to organized the class based on planning in online or offline. Third, the implementation of character education in Islamic education learning through : 1) The implementation of character education values into Islamic education learning material in each learning 2) Integrating through activities, extracurricular, and 3) Habituation activity consisted routine activities, example activity, spontaneous activity, and conditioning. Fourth, monitoring, this activity done by teachers in form direct monitoring toward implementation of character education learning, through instrument, and learning evaluation. In monitoring activity, also helped by the parents. Then based on the monitoring result and researcher evaluation, that target on five character values that wanted by MIN-1 Lamandau has reached they were religious, honest, discipline, independent, and responsible. The students’ attitude start came to view and started develop.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 02 Jul 2021 03:22
Last Modified: 21 Jul 2021 04:44
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3139

Actions (login required)

View Item View Item