Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pengelolaan Raudhatul Athfal Al-Azhar Palangka Raya

Arbawati, Arbawati (2020) Kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pengelolaan Raudhatul Athfal Al-Azhar Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Arbawati - 18013230.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengelolaan pendidikan tidak terlepas dari manajemen kepala madrasah yang tidak dapat dipisahkan dari kepemimpinan yang diadopsi kepala madrasah dalam menjalankan perannya sebagai seorang“leader”. Hal ini disebabkan oleh adanya keterikatan yang kuat antara kepemimpinan (leadership) yang dipakai oleh kepala madrasah dengan keefektifan secara keseluruhan dari proses pendidikan dimadrasah. Pendapat ini pada dasarnya berakar pada konsep kepemimpinan pendidikan yang bermuara pada pembentukan dan pengembangan secara menyeluruh potensi manusia (wargara) melalui penggunaan yang efektif akan sumberdaya organisasi, pengetahuan dan ketrampilan kepemimpinan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pengelolaan Raudhatul Atfhal Al-Azhar Palngka Raya

Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu digunakan adalah Kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui obesrvasi, interview dengan key informan Kepala Raudhatul Atfhal, guru dan tambahan informasi sebagai data pendukung dokumentasi dan triangulasi. Kemudian menganalisis, Uji keasahan dan kesimpulan.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pengelolaan Raudhatul Atfhal Al-Azhar Palngka Raya Perumusan visi dan misi sekolah itu dirumuskan secara bersama dengan pengurus yayasan, badan pengasuh hasil dari rumusan yang telah disepakati selanjutnya disosialisasikan dengan komite sekolah kepala Raudhatul Atfhal memiliki strategi yang tepat untuk memberdayakan tenaga kependidikan melalui kerja sama yang kooperatif, memberi kesempatan kepada para tenaga kependidikan untuk meningkatkan profesinya, dan mendorong keterlibatan seluruh tenaga kependidikan dalam berbagai kegiatan yang menunjang program sekolah salah satunya pengadministrasian, Guru mampu mengelola dirinya sendiri dalam melaksanakan kegiatan proses pembelajaran, guru harus memiliki perangkat pembelajaran yang disiapkan sebelum proses belajar dilaksanakan.

Abstract

Raudhatul Athfal (RA) Education Institutions in the city of Palangka Raya are getting more and more years, in 2020 there were around 32 institutions that have been established. Nearly 96% or somewhat of the 30 RA institutions in Palangka Raya already have an operational license and two RAs are still holding. Some RA institutions even have accreditation, but of the many RA institutions in the City of Palangka Raya only RA Al-Azhar has accreditation A. Accreditation A is obtained, even obtained twice in a row. According to the author's observations on the standard assessment of the accreditation of RA Al-Azhar Palangkaraya, the point that gets the highest score is in the leadership of quality management. Quality management in RA Al Azhar has a very big influence on the accreditation obtained by RA Al-Azhar Palangka Raya City so that researchers are interested in digging deeper into how the leadership of improving quality in RA Al-Azhar Palangka Raya city.

This study aims to describe the leadership of Head Raudhatul Atfhal in managing RA Al-Azhar Palangka Raya.

The model used in this research is used is descriptive qualitative with data collection techniques through observation, interviews with key informant the head of Raudhatul Atfhal, teachers and additional information as supporting data documentation and triangulation. Then analyze, authenticity test and conclusions.

The results showed that the Chief Leadership of Raudhatul Atfhal in managing RA Al-Azhar in Palangka Raya, that the formulation of the vision and mission of the school was formulated jointly with the foundation's management, the caregivers of the results of the agreed formulation were subsequently socialized with the head school committee of Raudhatul Atfhal having the right strategy to empower education staff through cooperative cooperation, providing opportunities for education staff to improve their profession, and encourage the involvement of all education personnel in various activities that support school programs, one of which is administration, the teacher is able to manage himself in carrying out the learning process activities, the teacher must have a learning device prepared before the learning process is carried out.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Kepala Sekolah
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 22 Jun 2021 07:03
Last Modified: 22 Jun 2021 07:03
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3111

Actions (login required)

View Item View Item