Pola pendidikan agama islam remaja dalam keluarga masyarakat puntun di kota Palangka Raya

Aidil, Aidil (2020) Pola pendidikan agama islam remaja dalam keluarga masyarakat puntun di kota Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Tesis Aidil - 17016069.pdf

Download (1MB)

Abstract

Puntun merupakan permukiman padat penduduk yang tergolong dalam zona merah peredaran narkoba. Sebagian remaja terlibat dalam pergaulan bebas. Orang tua memiliki peranan penting dalam pendidikan khususnya pendidikan agama dalam keluarga.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pendidikan dan peran orang tua terhadap pendidikan agama Islam remaja dalam keluarga masyarakat Puntun.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan beberapa kriteria diperoleh 5 subjek penelitian. Penelitian dilakukan di Puntun, kelurahan Pahandut, kecamatan Pahandut, kota Palangka Raya. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pola pendidikan agama Islam remaja dalam keluarga masyarakat Puntun menggunakan pola pendidikan yang berbeda-beda pada lima keluarga yang menjadi subjek penelitian. Pola pendidikan yang diterapkan adalah dengan menggunakan 3 pola pendidikan yaitu autoritatif (authoritative parenting), otoriter (authoritarian parenting), dan permisif (permissive parenting). Keluarga bapak JI, bapak PI, dan ibu NA menggunakan pola pendidikan autoritatif. Keluarga bapak AS menggunakan pola pendidikan otoriter, dan keluarga bapak DN menggunakan pola pendidikan permisif. 2) Peran orang tua terhadap pendidikan agama Islam remaja masyarakat Puntun adalah dalam bentuk moril dan material. Bentuk moril yakni orang tua aktif memberikan dukungan berupa nasehat, dorongan, pembiasaan, serta keteladanan. Bentuk material orang tua memberikan dukungan dengan memasukkan anak-anak mereka ke lembaga pendidikan baik yang berbasis keislaman maupun umum, serta mengikuti kajian keislaman yang diselenggarakan di masyarakat.

ABSTRACT

Puntun is dense-populated settlement that is categorized as a drug-trafficking red zone. Some adolescents are involved into promiscuity. Parents have an important role to educate, especially religious education to the family.

This study was aimed at describing education pattern and parents’ role towards adolescent Islamic religious education in the family of Puntun society.

This study was descriptive qualitative. Subjects in this study used purposive sampling technique with several criteria, obtained 5 research subjects. This study was conducted in Puntun, Pahandut sub-district, Pahandut district, Palangka Raya town. Data collection method were through interview, observation and documentation. The techniques used in analyzing data were data reduction, data presentation, and drawing conclusion. Data validity used source triangulation.

The results of this study indicated that: 1) The pattern of adolescent Islamic religious education in the family of Puntun society used different educational patterns from the five families that were as research subjects. The education pattern applied three educational patterns, which were authoritative (authoritative parenting), authoritarian (authoritarian parenting), and permissive (permissive parenting). The families of Mr. JI, Mr. PI, and Mrs. NA used an authoritative educational pattern. The family of Mr. AS used an authoritarian educational pattern, and the family of Mr. DN used a permissive educational pattern. 2) The parents’ role towards adolescent Islamic religious education in the family of Puntun society was in forms of morale and material. The moral form was that parents actively provided support, like advice, encouragement, habituation, and exemplary. While, material form was to provide support by enrolling their children to educational institutions, both Islamic and general based, also by joining Islamic studies held in the society.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 03 Jun 2021 08:27
Last Modified: 03 Jun 2021 08:27
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3017

Actions (login required)

View Item View Item