Manajemen peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Insan Kota Palangka Raya

Anwar, Saiful (2020) Manajemen peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Insan Kota Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Tesis Saiful Anwar-16013163.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mutu layanan sekolah/madrasah mengacu kepada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP), yang meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Berdasarkan Peraturan pemerintah tersebut maka semua sekolah/madrasah harus memenuhi 8 (delapan) standar sehingga mutu sekolah/madrasah dapat tercapai.

Permasalahan penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Insan Kota Palangka Raya? (2) Bagaimana implementasi peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Insan Kota Palangka Raya? (3) Bagaimana evaluasi peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Insan Kota Palangka Raya?. Sedangkan tujuan penelitian adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Insan Kota Palangka Raya. (2) Untuk mendeskripsikan implementasi peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Insan Kota Palangka Raya. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Insan Kota Palangka Raya.

Pendekatan penelitian adalah dengan kualitatif, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.Sumber data berupa data skunder dan data primer, Analisis data dengan tahapan data reduction, Data display, dan Conclusion drawing .

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Insan Palangka Raya adalah dilakukan melalui rapat kerja antara kepala madrasah dan guru-guru untuk merencanakan program pembelajaran pada awal semester, dalam bentuk membuat silabus dan RPP yang harus dibuat oleh semua guru. (2) Implementasi peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Insan Palangka Raya sudah memenuhi standar proses sebagaimana diatur dalam permendikbud nomor 22 tahun 2016, yaitu dengan melakukan kegiatan (a) perencanaan proses pembelajaran, (b) pelaksanaan proses pembelajaran, (c) penilaian hasil pembelajaran, dan (d) pengawasan proses pembelajaran. Dan (3) Evaluasi peningkatan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Insan Palangka Raya dilakukan dengan melalui rapat kerja yang dilakukan pada pertengahan semester dan pada akhir semester. Jadi dalam satu tahun melakukan evaluasi mutu pembelajaran sebanyak 4 kali evaluasi. Evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi proses guna menemukan kendala-kendala yang dihadapi guru selama proses pembelajaran berlangsung, ketercapaian kompetensi inti dan kompetensi dasar oleh peserta didik dan terkait dengan sarana dan prasarana yang belum terpenuhi.

ABSTRACT

The quality of school / madrasah services refers to Government Regulation Number 19 of 2005 concerning National Education Standards (SNP), which includes content standards, process standards, competency standards for graduates, standards for educators and education personnel, standards of facilities and infrastructure, management standards, financing standards, and educational assessment standards. Based on this government regulation, all schools / madrasahs must meet 8 (eight) standards so that the quality of the school / madrasah can be achieved.

The problems of this research are: (1) How is the planning for improving the quality of learning in Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Insan Kota Palangka Raya? (2) How is the implementation of improving the quality of learning in Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Insan Kota Palangka Raya? (3) How is the evaluation of improving the quality of learning at Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Insan City of Palangka Raya? While the research objectives are (1) To describe the planning for improving the quality of learning in Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Insan Kota Palangka Raya. (2) To describe the implementation of improving the quality of learning in Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Insan Kota Palangka Raya. (3) To describe the evaluation of improving the quality of learning at Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Insan Kota Palangka Raya.

The research approach is qualitative, data collection techniques by observation, interviews and documentation. Data analysis with the stages of data reduction, data display, and conclusion drawing.
The results showed that: (1) Planning for improving the quality of learning at Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Insan Palangka Raya was carried out through a working meeting between the head of the madrasah and teachers to plan a learning program at the beginning of the semester, in the form of making a syllabus and lesson plans that all must make teacher. (2) Implementation of improving the quality of learning at Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Insan Palangka Raya has met the process standards as regulated in Permendikbud number 22 of 2016, namely by carrying out activities (a) planning the learning process, (b) implementing the learning process, (c) evaluating the results learning, and (d) supervision of the learning process. And (3) Evaluation of improving the quality of learning at Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Insan Palangka Raya is carried out through work meetings held in the middle of the semester and at the end of the semester. So in one year evaluate the quality of learning 4 times. The evaluation carried out is an evaluation of the process in order to find the obstacles faced by the teacher during the learning process, the achievement of core competencies and basic competencies by students and related to unfulfilled facilities and infrastructure.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mutu pembelajaran;
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 03 Jun 2021 04:37
Last Modified: 03 Jun 2021 04:37
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3015

Actions (login required)

View Item View Item