Manajemen pengelompokan peserta didik dalam upaya peningkatan mutu lulusan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (Mtsn) Barito Utara

Al-Ghifary, Akhmad (2019) Manajemen pengelompokan peserta didik dalam upaya peningkatan mutu lulusan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (Mtsn) Barito Utara. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Tesis Akhmad Al-Ghifary - 17013173.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengelompokan atau Grouping adalah pengelompokan peserta didik berdasarkan karakteristik-karakteristiknya. Pengelompokan peserta didik dilakukan bagi peserta didik yang baru diterima dalam kegiatan penerimaan peserta didik baru. Tujuannya agar program kegiatan belajar bisa berlangsung dengan sebaik- baiknya. Manajemen pengelompokan peserta didik ini bisa ditetapkan berdasarkan atas minat dan bakat peserta didik, pengelompokan yang didasarkan atas latar belakang kemampuan, dan pengelompokan yang didasarkan atas perpaduan dari keduanya. Namun, salah satu bentuk Pengelompokan yang sering dilakukan yaitu Pengelompokan peserta didik berdasarkan kemampuan akademis atau prestasi yang diperoleh.

Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan perencanaan Pengelompokan peserta didik dalam upaya peningkatan mutu lulusan di MTsN Barito Utara, 2.Untuk mendeskripsikan pelaksanaan Pengelompokan peserta didik dalam upaya peningkatan mutu lulusan di MTsN Barito Utara, dan 3. Untuk mengetahui mutu lulusan peserta didik dari perencanaan dan pelaksanaan peneglompokkan di MTsN Barito Utara.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berpola deskriptif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif, ucapan atau tulisan dan perilaku yang diamati. Penelitian ini dapat memberikan gambaran secara mendalam terkait dengan manajemen Pengelompokan peserta didik di MTsN Barito Utara dalam upaya meningkatkan mutu lulusan peserta didiknya.

Kegiatan perencanaan pengelompokan di MTsN Barito Utara sudah sesuai dengan ketentuan dan teori tentang perencanaan peserta didik oleh Tatang Amirin langkah yang pertama yaitu perencanaan terhadap peserta didik, yang meliputi kegiatan: (1) analisis kebutuhan peserta didik; (2) rekruitmen peserta didik; (3) seleksi peserta didik; (4) Orientasi; (5) Penempatan peserta didik, dan (6) Pencatatan dan pelaporan. Kemudian kegiatan pelaksanaan Pengelompokan peserta didik di MTsN Barito Utara dengan sistem pembagiaan dalam kelas-kelas berdasarkan kemampuan peserta didik dan prestasi yang dicapai yaitu dua kelas pada kelas unggulan dan kelas biasa yang diambil dari nilai tes masuk dan nilai rangking di kelas. Sedangkan mutu lulusan tergambar dari nilai rata-rata peserta didik pada kelas unggulan, baik kelas pada kelas unggulan pertama dan kedua memiliki nilai rata-rata di atas kelas biasa. Ini menunjukkan bahwa kegiatan Pengelompokan yang dilakukan oleh MTsN Barito Utara sebagai salah satu upaya peningkatan mutu lulusan berjalan dengan berhasil. Ini terlihat dari nilai pencapaian UN dan UAMBN peserta didik serta serapan lulusan (outcome) pada sekolah-sekolah pavorit dan unggulan di Barito Utara.

ABSTRACT

Grouping is a grouping of students based on its characteristics. Grouping students is done for students who have just been accepted in the activities of admission of new students. The goal is thin the learning activities program can take place as well as possible. The management of grouping of students can be determined based on the interests and talents of students, grouping based on background abilities, and grouping based on a combination of the two. However, one form of grouping thin is often done is grouping students based on academic abilities or achievements.

As for the objectives of this study are: 1. To describe the planning of grouping students in the effort to improve the quality of graduates in MTsN North Barito, 2. To describe the implementation of grouping students in an effort to improve the quality of graduates in MTsN North Barito, and 3. To find out the quality graduated students from planning and implementing groupings in MTsN North Barito.

This research is a qualitative research with a descriptive pintern which is a research procedure thin produces descriptive Data, speech or writing and observed behavior. This study can provide an in-depth overview relined to the management of grouping of students MTsN North Barito in an effort to improve the quality of their student graduates.

The planning activities of grouping in MTsN North Barito are in accordance with the provisions and theories about student planning by Tatang Amirin. The first step is planning for students, which includes the following activities: (1) analysis of students' needs; (2) student recruitment; (3) student selection; (4) Orientation; (5) Placement of students, and (6) Recording and reporting. Then the implementation of grouping activities of students in MTsN North Barito with a system of happiness in classes based on the ability of students and achievements achieved by dividing into two large groups namely two classes in superior classes and or normal classes taken from the entry test scores and ranking scores in class. While the quality of graduates is reflected in the average value of students in superior classes, both classes in the first and second superior classes have an average value above the regular class. This shows thin the grouping activities carried out by MTsN North Barito as an effort to improve the quality of graduates are running successfully. This can be seen from the students’ achievement value of the UN (National standard exams) and UAMBN (madrasah final exams) and the uptake of graduates (outcomes) in favorite and top schools in North Barito.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen peserta didik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 03 Jun 2021 03:29
Last Modified: 03 Jun 2021 03:31
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3012

Actions (login required)

View Item View Item