Pengaruh motivasi menghindari riba dan pengetahuan produk perbankan syariah terhadap keputusan menjadi nasabah di Bank Muamalat cabang

Samsudin, Samsudin (2020) Pengaruh motivasi menghindari riba dan pengetahuan produk perbankan syariah terhadap keputusan menjadi nasabah di Bank Muamalat cabang. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Samsudin - 1604110093.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bank Muamalat Cabang Palangka Raya didirikan pada tanggal 20 Desember 2004, dengan tujuan untuk menyediakan lembaga keuangan perbankan sebagai sarana mengingatkan kualitas kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Bank Muamalat juga memiliki fungsi (kegunaan) yang sangat penting diantaranya memobilisasi tabungan masyarakat baik, domistik maupun asing. Dari awal berdirinya Bank Muamalat jumlah nasabah mengalami peningkatan. Menyimak jumlah nasabah Bank Muamalat semakin meningkat memungkinkan hal ini disebabkan oleh minat masyarakat yang memahami riba semakin meningkat. rumusan masalah pada penelitian ini adalah adakah pengaruh motivasi menghindari riba terhadap keputusan menjadi nasabah, adakah pengaruh pengetahuan produk perbankan syariah terhadap keputusan menjadi nasabah, adakah pengaruh pengetahuan motivasi menhgindatri riba dan pengetahuan produk perbankan syariah terhadap keputusan menjadi nasabah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Menghindari Riba dan Pengetahuan Produk Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Muamalat Cabang Palangka Raya. Penelitian ini dilakukan dengan metode Pengumpulan data dengan cara penyebaran kuesioner kepada 120 nasabah Bank Muamalat Cabang Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat Cabang Palangka Raya dengan total nasabah 50 ribu orang. Dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjunlah 120 responden, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik Accidental sampling.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi menghindari riba (X1) bahwa nilai thitung 0,4971 < ttabel 1,66 dan nilai signifikansi (Sig) 0,05 β = 0,000 bernilai positif yang berati bahwa motivasi menghindari riba berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di Bank Muamalat Cabang Palangka Raya. Pengetahuan produk perbankan syariah (X2) bahwa nilai thitung 3,623 > ttabel 1,66 dan nilai signifikansi (Sig) 0,05 β = 0,000 bernilai positif yang berati bahwa pengetahuan produk perbankan syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di Bank Muamalat Cabang Palangka Raya.

ABSTRACT

Bank Muamalat Palangka Raya branch was established on December 20, 2004, with the aim of providing banking financial institutions as a means of reminding the community of the quality of socio-economic life. Bank Muamalat also has a very important function (utility), including mobilizing public savings, both domestic and foreign. From the beginning of Bank Muamalat the number of customers has increased. Paying attention to the increasing number of Bank Muamalat customers, this is possible because the public's interest in understanding usury is increasing. The formulation of the problem in this study is is there any influence of motivation to avoid usury on the decision to become a customer, is there an effect of knowledge of Islamic banking products on the decision to become a customer, is there an effect of knowledge of motivation on usury and knowledge of Islamic banking products on decisions to become a customer.

The purpose of this study was to determine the effect of motivation to avoid usury and knowledge of Islamic banking products on the decision to become a customer at Bank Muamalat, Palangka Raya branch. This research was conducted by collecting data by distributing questionnaires to 120 customers of Bank Muamalat, Palangka Raya Branch. This type of research is a quantitative study. The population used in this study are customers of Bank Muamalat, Palangka Raya branch with a total of 50,000 customers. And the sample used in this study amounted to 120 respondents, the data collection technique in this study used accidental sampling techniques.

The results of this study indicate that the motivation to avoid usury (X1), that the value of tcount 0.4971 < ttable 1.66 and the significance value (Sig) 0.05 β = 0.000 is positive, which means that motivation to avoid usury has a positive and significant effect on the decision to become a customer. at Bank Muamalat, Palangka Raya Branch. Knowledge of Islamic banking products (X2) that the value of tcount 3.623 > ttable 1.66 and the significance value (Sig) 0.05 β = 0.000 is positive which means that knowledge of Islamic banking products has a positive and significant effect on the decision to become a customer at Bank Muamalat, Palangka branch Kingdom.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perbankan syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 28 May 2021 08:10
Last Modified: 28 May 2021 08:10
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2982

Actions (login required)

View Item View Item