Loyalitas nasabah zambrut pada jasa BNI Syariah kantor cabang Palangka Raya

Koso, Nur Auliani N. (2020) Loyalitas nasabah zambrut pada jasa BNI Syariah kantor cabang Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Auliani - 1602110059.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persaingan untuk mendapatkan nasabah dengan kelas atas membuat pihak bank harus memberikan pelayanan yang ekstra, kemudahan dalam setiap transaksi dan fasilitas yang membuat nasabah kelas atas ini tertarik dan meresa nyaman terhadap bank tersebut. Terlebih bank BNI Syariah Kantor Cabang Palangka Raya yang mempunyai nasabah kelas atas atau yang disebut nasabah zambrut yang harus diberikan kenyamanan dalam setiap kegiatan transaksi dan memenuhi kebeutuhan nasabah dengan demikian nasabah akan menjadi loyal dan tidak mudah terpengaruh oleh bank syariah lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji Bank BNI Syariah Kantor Cabang Palangka Raya tentang (1) Bagaimana Loyalitas Nasabah Zambrut Pada Jasa BNI Syariah Kantor Cabang Kota Palangka Raya; (2) Apa faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah zambrut untuk memilih jasa BNI Syariah Kantor Cabang Palangka Raya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat (1) Bagaimana Loyalitas Nasabah Zambrut Pada Jasa BNI Syariah Kantor Cabang Kota Palangka Raya; (2) Apa faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah zambrut untuk memilih jasa BNI Syariah Kantor Cabang Palangka Raya.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah nasabah zambrut dan pegawai bank BNI Syariah Kantor Cabang Palangka Raya khusunya bagian funding dan custoumer service. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, yaitu pengumpulan data dari informasi sejenis dari berbagai sumber yang berbeda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Loyalitas nasabah zambrut pada jasa yang diberikan oleh BNI Syariah Kantor Cabang Palangka Raya sudah melewati indikator seperti transaksi berulang secara rutin yang dilakukan oleh para nasabah, merekomendasikan kepda orang lain baik itu teman ataupun keluarga, menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan oleh BNI Syariah Kantor Cabang Palangka Raya, dan tidak terpengaruh oleh tewaran dari bank lain. Dari keempat indikator tersebut dapat disimpulkan bahwa nasabah zambrut sudah loyal terhadap BNI Syariah Kantor Cabang Palangka Raya.. (2) faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah zambrut yaitu, dari faktor kepuasan, ikatan emosi, kepercayaan dan kemudahan. Dari faktor tersubut menyebabkan nasabah loyal terhadap BNI Syariah Kantor Cabang Palangka Raya.

ABSTRACT

Competition to get high-end customers makes the bank have to provide extra services, convenience in every transaction and facilities that make these high-end customers interested and comfortable with the bank. Moreover, BNI Syariah Bank Palangka Raya Branch Office which has high-end customers or so- called zambrut customers who should be given comfort in every transaction activity and fulfill the customer's integrity thus the customer will become loyal and not easily affected by other Sharia banks. This research was conducted to examine Bank BNI Syariah Palangka Raya Branch Office about (1) How Zambrut Customer Loyalty On BNI Sharia Services Palangka Raya City Branch Office; (2) What are the factors that affect the loyalty of zambrut customers to choose the services of BNI Syariah Palangka Raya Branch Office. The purpose of this research is to see (1) How Zambrut Customer Loyalty At BNI Syariah Services Palangka Raya City Branch Office; (2) What are the factors that affect the loyalty of zambrut customers to choose the services of BNI Syariah Palangka Raya Branch Office.

This research is a field study using descriptive qualitative research methods. The subjects in this study are zambrut customers and employees of Bank BNI Syariah Palangka Raya Branch Office especially the funding and custoumer service. The data collection techniques in this study use observation techniques, interviews and documentation. Data allocation uses the technique of source triangulation, which is the collection of data from similar information from a variety of different sources.

The results of this study show that (1) Customer loyalty zambrut on services provided by BNI Syariah Palangka Raya Branch Office has passed indicators such as routine repeat transactions conducted by customers, recommending the kepda of others whether friends or family, using services or products offered by BNI Syariah Palangka Raya Branch Office, and not affected by offers from other banks. From these four indicators can be concluded that zambrut customers have been loyal to BNI Syariah Palangka Raya Branch Office.. (2) factors that affect customer loyalty, namely, from satisfaction factors, emotional bonds, trust and convenience. From the following factors, customers are loyal to BNI Syariah Palangka Raya Branch Office

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bank Syariah; Loyalitas Nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 25 May 2021 03:55
Last Modified: 25 May 2021 03:55
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2962

Actions (login required)

View Item View Item