Pembelajaran tematik menggunakan strategi index card match siswa kelas V SDN 7 Bukit Tunggal

Rahmalia, Rahmalia (2020) Pembelajaran tematik menggunakan strategi index card match siswa kelas V SDN 7 Bukit Tunggal. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI RAHMALIA- 1601170035.pdf

Download (875kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak pada permasalah aktivitas siswa dalam pembelajaran terutama pada pembelajaran tematik dan penerapan strategi yang hanya terpatok pada penjelasan guru dan buku saja. Sehingga aktivias siswa terbatas dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagamana aktivitas siswa dan evaluasi aktivitas siswa dalam pembelajaran tematik menggunakan strategi index card match kelas V SDN 7 Bukit Tunggal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, (1) bagaimana penggunaan strategi index card match pada pembelajaran tematik, (2) bagaimana evaluasi pada penggunaan strategi index card match pada pembelajaran tematik siswa kelas V SDN 7 Bukit Tunggal.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 7 Bukit Tunggal, objek penggunaan strategi index cart match, teknik pengumpulan data yakni melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik sehingga penelitian ini dapat mendeskripsikan tentang pembelajaran tematik menggunakan strategi index card match kelas V SDN 7 Bukit Tunggal dan menjawab rumusan masalah penelitian dengan menggunakan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran tematik menggunakan strategi index card match terlaksana dengan baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan penggunaan strategi index card match yang terlaksana secara terstruktur. (2) Evaluasi penggunaan strategi index card match siswa antusias dan aktif dalam melaksanakan strategi index card match menggunakan kartu index.

ABSTRACT

This study trated with the problem of student learning practice, mainly on the topic of thematic learning and strategy implementation, which is only compatible with instructor and book explamnations. Students’ tasks are also restricted in terms of learning. The study wa aimed to find out how the student’s practice and the student’s evaluation of thematic teaching use the technique index card match for 5th grade of SDN 7 Bukit Tunggal. The problem with this research is, (1) how to use index card match strategies at thematic learning (2) how to evaluate the use of index card match for thematic in 5th-grade students of SDN 7 of Bukit Tunggal.

The study qualitativ descriptive methods, and the subject in this study were the students of 5 th grade at SDN 7 Bukit Tunggal, focus on the use of 5th grade at SDN 7Bukit Tunggal, focus on the use of index card match strategy, the instrument that the researcher used are interview, observation, adn documentation. Data triangulation technique was used in this study, so the research could describe thematic learning used index card match in 5th grade of SDN 7 Bukit Tunggal and answered the problem of research and used data analysis technique using Miles and Huberman’s model.

This study showed thath (1) Thematic learning using index card match strategy was run well and appriated with the lesson plan (RPP) and the used of index card match that well-organized. (2) the evaluation of the used of index card match strategy, the students were enthsiastic and activ by using index card match strategy in learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran tematik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 18 May 2021 02:52
Last Modified: 18 May 2021 02:52
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2936

Actions (login required)

View Item View Item