Pengaruh aktivitas mengikuti kajian agama islam terhadap sikap religius siswa SMA Nusantara Palangka Raya

Marhamah, Marhamah (2020) Pengaruh aktivitas mengikuti kajian agama islam terhadap sikap religius siswa SMA Nusantara Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Marhamah - 1601112072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan aspek penting sebagai alat untuk memajukan dan mengembangkan potensi siswa agar menjadi manusia yang bertaqwa kepada Allah SWT. Hal ini dapat tercapai, apabila sekolah, guru dan siswa dapat saling bersinergi dalam menjalankan tugasnya, karena dengan kreatifitas sekolah dan guru dalam membuat kegiatan-kegiatan dapat menunjang meningkatkan kepribadian anak, maka dari itu tidak hanya dengan materi di sekolah, tetapi juga dengan kegiatan-kegiatan yang mendukung untuk meningkatnya kepribadian anak. Berdasarkan observasi Ketika PM2 ditemukan bahwasanya siswa muslim SMA Nusantara Palangka Raya banyak yang berasal dari sekolah umum sehingga hal ini berpengaruh terhadap rendahnya sikap religius siswa, di lain sisi SMA Nusantara palangka Raya memiliki suatu kegiatan keagamaan kajian agama Islam yang diadakan pada setiap hari Jumat, jam 10.30-11.00 WIB dan wajib diikuti oleh siswa yang beragama Islam, maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti apakah ada pengaruh aktivitas mengikuti kajian agama Islam terhadap sikap religius siswa SMA Nusantara Palangka Raya.

Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan 1) Aktivitas siswa saat mengikuti kajian agama Islam SMA Nusantara Palangka Raya. 2) Sikap religius siswa SMA Nusantara Palangka Raya. 3) Pengaruh aktivitas mengikuti kajian agama Islam terhadap sikap religius siswa SMA Nusantara Palangka Raya. Untuk memperoleh data tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data berupa pengisian angket oleh kelas XI dan XII. Selanjutnya, angket yang telah terisi akan dianalisis dengan menggunakan uji korelasi product moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas mengikuti kajian agama Islam siswa SMA Nusantara Palangka Raya termasuk pada ketegori cukup baik dengan rerata 36,40 dan standar deviasi 3,066 pada interval 36-38%. 2) Sikap religius siswa SMA Nusantara Palangka Raya termasuk pada kategori cukup baik dengan rerata 107,53 dan standar deviasi 8,271 pada interval 104-112. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari hasil perhitungan diperoleh nilai r hitung sebesar 0,526 ≥ r tabel sebesar 0,514 pada taraf signifikansi 5 % dan nilai sig. 0,04 < taraf signikansi 0,05 dan didapatkan r2 = 0,277 Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara aktivitas mengikuti kajian agama a Islam terhadap sikap religius siswa SMA Nusantara Palangka Raya. Kajian agama Islam memberi pengaruh sebesar 27,7% terhadap sikap religius siswa SMA Nusantara Palangka Raya. Dan 72,3 % merupakan faktor lain, yang dapat mempengaruhi sikap religius siswa seperti faktor internal maupun faktor eksternal lainnya.

Abstract

Education is important to develop the potential of students to become human beings who are devoted to Allah SWT. That can be achieved if schools, teachers and students help each other. Because, with the creativity of schools and teachers in developing activities that support children's personal improvement. Then, not only learn in class, but also by participating in activities. Based on observations during practice, it was found that most of SMA Nusantara students came from public schools. So that this affects the students’ low religius attitude. SMA Nusantara Palangka Raya has a religious activity in the study of Islam which is held every Friday at 10.30-11.00 WIB and must be attended by all muslim students. Therefore, researchers are interested in examining whether there is an effect of activity of attending Islamic studies on the religious attitude of the students of SMA Nusantara palangka Raya.

This research aims to describe: 1) Student activities when attending Islamic religious studies. 2) religious attitude of SMA Nusantara Palangka Raya students. 3) the effect of activities following the study of Islamic religion on students' religious attitudes. To get the data, researchers used quantitative research methods and collected data using a questionnaire filled in by grades 11 and 12. Then the completed questionnaire was analyzed using the product moment correlation test.

Research results show: 1) The activity of following Islamic religious studies is good enough. With a mean of 36.40, a standard deviation of 3.066, at an interval of 36-38. 2) The religious attitude of students is good enough. With a mean of 107.53, a standard deviation of 8.272, at an interval of 104-112. 3) There is a significant influence, from the calculation results obtained value of r count (0,526) ≥ r table (0,514), significance level 5%, and sig. Value 0,04 < significant value 0,05.. And obtained r2 = 0,277. That means, the study of Islamic religion influences by 27.7 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sikap Religius; Kajian Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 10 May 2021 07:13
Last Modified: 10 May 2021 07:13
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2927

Actions (login required)

View Item View Item