Pengaruh promosi dengan layanan jemput bola terhadap minat nasabah bertransaksi pembiayaan murabahah di Baitul Maal Wa Tamwil Daarussalaam Kuala Pembuang

Amalia, Desy (2020) Pengaruh promosi dengan layanan jemput bola terhadap minat nasabah bertransaksi pembiayaan murabahah di Baitul Maal Wa Tamwil Daarussalaam Kuala Pembuang. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI DESY AMALIA - 1604110052 .pdf

Download (1MB)

Abstract

Terkait dengan salah satu promosi yang disediakan di BMT Daarussalaam terdapat layanan jemput bola. Layanan tersebut sangat membantu nasabah dalam mengangsur cicilan perbulannya. Penelitian ini difokuskan untuk mengkaji tentang seberapa besar pengaruh promosi dengan layanan jemput bola (variabel X) terhadap minat nasabah bertransaksi pembiayaan murabahah (variabel Y) di BMT Daarussalaam Kuala Pembuang.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitaf deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 76 responden nasabah BMT Daarussalaam. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sample random sampling. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan adalah kolerasi pearson product moment dan teknik analisis menggunakan regresi linier sederhana.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi promosi dengan layanan jemput bola terhadap minat nasabah bertransaksi pembiayaan murabahah di BMT Daarussalaam sebesar 0,676. Berdasarkan koefisien korelasi nilai r, maka 0,676 termasuk tingkat kolerasi “kuat”. Selain itu, signifikansi antara variabel promosi dengan layanan jemput bola (X) dan variabel minat nasabah bertransaksi pembiayaan murabahah (Y) adalah 0,000. Berdasarkan kaidah hipotesis nilai t hitung sebesar 7,891 > 1.993 dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Berdasarkan nilai tersebut maka H1 ditolak H0 diterima, artinya signifikan. Pengaruh promosi dengan layanan jemput bola terhadap minat nasabah bertransaksi pembiayaan murabahah sebesar 45,7% sedangkan sisanya 54,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya

ABSTRACK

Related to one of the promotions provided at BMT Daarussalaam, there is a ball pick-up service. This service really helps customers in making monthly installments. This research was focused on examining the influence of promotion with ball pick-up services (variable X) on customer interest in murabahah financing transactions (variable Y) at BMT Daarussalaam Kuala Pembuang.

This research was a descriptive quantitative research with field research type. The data collection methods in this study used observation and questionnaires. The sample was 76 respondents of BMT Daarussalaam customers. The sampling technique used random sampling. Meanwhile, the data analysis technique used is the Pearson product moment correlation and the analysis technique used simple linear regression.

The results of this research indicate that correlates with the promotion of proactive services to customers through murabaha financing transactions in BMT Daarusslaam at 0.676. Based on the correlation coefficient of r value, 0.676 is considered a “strong” correlation level. Moreover, the significance of the variable promotion with proactive service (X) and variable interest in transacting customers murabaha financing (Y) is 0.000. Based on the hypothesis rule t value of 7,891> 1,993 and sig. value is 0.000 <0.05. Based on this value, H1 is rejected, H0 is accepted, which means it is significant. And the effect of the sale proactive services to customers through murabaha financing transactions by 45.7% while the remaining 54.3% is influenced by other factors.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Promosi; Pembiayaan Murabahah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 10 May 2021 02:14
Last Modified: 10 May 2021 02:14
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2922

Actions (login required)

View Item View Item