Pemanfaatan smartphone sebagai sumber belajar mata pelajaran pendidikan agama islam siswa SMKN 1 Kotawaringin Lama

Shofiah, Siti (2020) Pemanfaatan smartphone sebagai sumber belajar mata pelajaran pendidikan agama islam siswa SMKN 1 Kotawaringin Lama. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Siti Shofiah - 1421111893.pdf

Download (1MB)

Abstract

Smartphone merupakan perangkat elektronik yang perkembangannya cukup pesat pada zaman modern seperti sekarang ini, dalam dunia pekerjaan smartphone sudah mulai di gunakan untuk membantu pekerjaan manusia, sedangkan dalam dunia pendidikan Smartphone juga sudah mulai dugunakan sebagai media atau sumber belajar, hal itu dikarenakan kemudahan dan praktisnya menggunakan perangkat elektronik ini. Permasalahan yang di angkat dalam penelitian ini, meliputi; (1) Bagaimana penggunaan smartphone di SMKN 1 Kotawaringin Lama? (2) Bagaimana aktifitas belajar siswa dalam menggunakan smartphone di SMKN 1 Kotawaringin Lama ?

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data digali dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengabsahan data dalam penelitian menggunakan teknik triangulasi data analisis data penelitian ini melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan/verifikasi. sedangkan yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang beragama Islam sebanyak 58 siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Smartphone di SMKN 1 Kotawaringin Lama telah dipakai sebagai salah satu pendamping sumber belajar siswa pada jam pelajaran berlangsung dalam rangka mencari referensi terhadap materi yang sedang dibahas. Kebijakan sekolah membolehkan siswa membawa smartphone tercantum di dalam peraturan sekolah sehingga siswa dapat menggunakan smartphone di dalam jam pelajaran sesuai dengan instruksi guru mata pelajaran., (2) Aktifitas belajar siswa di SMKN 1 Kotawaringin Lama dalam menggunakan smartphone sebagai sumber belajar berjalan dengan baik walaupun ada beberapa kendala seperti jaringan wifi yang lambat namun masih bisa di atasi dengan siswa menggunakan jaringan data sendiri-sendiri, pembelajaran menggunakan smartphone membuat siswa menjadi lebih suka belajar dan lebih aktif dalam mencari referensi lain. Pembelajaran yang berjalan dengan lancar ketika menggunakan smartphone juga dikarenakan interaksi antara guru dan siswa yang berjalan dengan baik.

Abstract

Smartphones are electronic devices whose development is quite rapid in modern times like now, in the world of working smartphones have started to be used to help human’s work, while in the world of education Smartphones have also started to be used as media or learning sources, this is due to the ease and practicality of using this electronic device. The problems raised in this study include; (1) How is the use of a smartphone at SMKN 1 Kotawaringin Lama? (2)
How are students' learning activities using smartphones at SMKN 1 Kotawaringin Lama?

This research uses descriptive qualitative method. The data were collected by using interview, observation and documentation techniques. The validation of the data in the study used the data triangulation technique, the data analysis of this research were through data collection, data reduction, data presentation, drawing conclusions or verification. Meanwhile, the subjects of this study were 58 students of grade XI who were Muslims.

The results showed that; (1) Smartphones at SMKN 1 Kotawaringin Lama have been used as a source of students’ learning during school hours in order to find references to the material being discussed. The school’s rules allows students to bring smartphones as stated in school regulations so that students can use smartphones in lesson hours according to the subject teacher's instructions, (2) Student learning activities at SMKN 1 Kotawaringin Lama in using smartphones as a learning resource have gone well, students have become prefers to study and is more active in finding other references. Learning process that runs smoothly when using a smartphone is due to the good interaction between teachers and students.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Smartphone; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 06 May 2021 03:29
Last Modified: 06 May 2021 03:29
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2911

Actions (login required)

View Item View Item