Manajemen tenaga pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Murung Raya

Yulandari, Ermila (2020) Manajemen tenaga pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Murung Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Ermila Yulandari - 1601160027.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manajemen Tenaga pendidik merupakan bagian dari manajemen personalia secara umum. Manajemen tenaga pendidik bertujuan untuk menciptakan bagaimana Pendidik berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan dengan tugas khusus sebagai pendidik. Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Murung Raya merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berkembang dengan baik, salah satu yang menjadi faktor pendukung adalah manajemen tenaga pendidik. Hal tersebut dibuktikan dengan gurunya yang sudah rata-rata S1, sekolah yang sudah berakreditasi A, dan banyaknya minat orang tua yang mempercayakan anaknya untuk masuk di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Murung Raya.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perekrutan, penyeleksian, penempatan tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MIN 2 Murung Raya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perekrutan, penyeleksian, penempatan tenaga pendidik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MIN 2 Murung Raya.

Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan wakamad urusan kurikulum. Teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi, untuk menguji teknik dan sumber. Kemudian data di analisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) proses perekrutan tenaga pendidik di MIN 2 Murung Raya dilaksanakan oleh kepala madrasah secara langsung dan dibantu oleh wakamad kurikulum. Di dalam melaksanakan perekrutan tenaga pendidik baru ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, terutama melihat kondisi dan kebutuhan yang menjadi kebutuhan madrasah, dan calon tenaga pendidik yang diterima tersebut harus S1 jurusan pendidikan. 2) Proses seleksi tenaga pendidik di MIN 2 Murung raya dilaksanakan dengan beberapa tahap, yang pertama yaitu pemberkasan, yang kedua ada tes lisan seputar bidang keahlian yang di miliki oleh calon tenaga pendidik, dan proses akhir adalah si pelamar yang sesuai dengan maka akan di terima. 3) Penempatan Tenaga Pendidik di MIN 2 Murung Raya. Proses selanjutnya adalah penempatan tenaga pendidik dengan menyesuaikan kebutuhan yang menjadi kekurangan madrasah, yaitu menempatkannya pada bagian yang menjadi keahlian tenaga pendidik baru tersebut.

Abstract

Personnel Management is part of personnel management in general. Educator management aim to create how educators participate in the implementation of education with special tasks as educators. Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Murung Raya is one of the well-developed educational institutions, one of the supporting factors is the management of educators. This is evidenced by the average teacher of S1, an A-accredited school, and the many interests of parents who entrust their children to enter MIN 2 Murung Raya.

This research was conducted to find out the recruitment, selection, placement of educators in improving the quality of learning in MIN 2 Murung Raya. The purpose of this study is to describe the recruitment, screening, placement of educators in improving the quality of learning in MIN 2 Murung Raya.

This research used qualitative approach research using descriptive methods. The data source in this study is the head of madrassa and wakamad curriculum affairs. Data collection techniques through interview, observation, and documentation techniques. To ensure the validity of the data researchers used triangulation, to test techniques and sources. Then the data is analyzed with three stages, namely data reduction, data presentation, and conclusion puller.

The results showed that: 1) the process of recruiting educators in MIN 2 Murung Raya was carried out by the head of madrassa directly and assisted by the curriculum wakamad. In carrying out the recruitment of new educators there are several things to consider, especially looking at the conditions and needs that madrassas need, and the prospective educators who are accepted should be s1 majoring in education. 2) The selection process of educators in MIN 2 Murung raya is carried out in several stages, the first is the filing, the second there is an oral test around the field of expertise that is owned by the prospective educator, and the final process is the applicant according to it will be received. 3) Placement of Educators in MIN 2 Murung Raya. The next process is the placement of educators by adjusting the needs that madrassas lack, namely placing them in the part that is the expertise of the new educators.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Mutu Pembelajaran; Tenaga Pendidik;Manajemen
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 28 Apr 2021 05:00
Last Modified: 28 Apr 2021 05:22
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2890

Actions (login required)

View Item View Item