Kompetensi staf tata usaha Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Palangka Raya

Setiyawan, Riki (2020) Kompetensi staf tata usaha Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Riki Setiyawan -1501160007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari keingintahuan peneliti mengenai bagaimana kompetensi staf tata usaha Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Palangka Raya. Penelitian ini mengambil fokus pada kompetensi yang dimiliki oleh staf tata usaha yang meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi teknis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi yang dimiliki oleh staf tata usaha yang meliputi kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi teknis.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitiaan ini adalah kepala madrasah staf tata usaha dan guru atau walikelas sebagai narasumber. Sedangkan dalam pemeriksaan keabsahan data digunakan Teknik triangulasi yang terbagi menjadi dua yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi kepribadian, bahwa staf tata usaha MIN 1 Kota Palangka Raya memiliki sikap sopan saat melayani siapa pun sesuai dengan SOP. Cukup teliti dalam mengerjakan tugasnya, hal itu dapat diketahui dari dokumentasi hasil kerja yang ada. Staf tata usaha memiliki tingkat kedisiplinan yang masih kurang. staf tata usaha memiliki tanggung jawab dan berani mengambil resiko yaitu mendapatkan teguran dari atasan. 2) Kompetensi sosial, terlihat bahwa staf tata usaha bekerja sama dalam mencari berkas. Staff tata usaha cukup memiliki kesadaran berorganisasi walau pun terkadang pada saat diperlukan tidak berada di tempat, sesuai dengan dokumentasi catatan buku tamu. Staf tata usaha bersikap ramah dan sopan serta tidak membeda-bedakan dalam memberikan pelayanan. 3) Kompetensi teknis, terkait pemanfaatan komputer dan internet bahwa staf tata usaha sebagian besar masih belum menguasai komputer begitu juga dalam penggunaan internet tidak sesuai dengan pekerjaan atau digunakan untuk kepentingan pribadi. Staf tata usaha menggunakan internet untuk bermain handphone. Selanjutnya dalam mengelola surat masuk maupun surat keluar sudah cukup bagus dengan menyusun surat-surat di dalam lemari yang cukup rapi dan cukup bagus sehingga mudah dalam pencarian surat yang sudah beberapa tahun sebelumnya.

Abstract

This research is based on the research of researchers on how to competence of administrative staff Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Palangkaraya. This research focuses on competencies provided by administrative staff who are equipped with competencies, social competencies and technical competencies. This research is designed to describe the competencies of the administrative staff who are equipped with competencies, social competencies and technical competencies.

This research uses descriptive qualitative method with data collection methods using observation, interviews and documentation. The data source in this research is the madrasah head of administrative staff and the teacher or walikelas as resource persons. Whereas in checking the validity of the data triangulation technique is used which is divided into two namely source triangulation and technique triangulation.

The results showed that: 1) Personality competence, namely administrative staff MIN 1 Kota Palangkaraya has a polite attitude when serving anyone in accordance with SOP. Quite thorough in doing their work, it can be known from the documentation of the work that exists. Administrative staff have a lack of discipline. administrative staff must be responsible and challenging to take, namely getting a reprimand from the boss. 2) Social competence, looks like administrative staff working together in searching for files. Administrative staff who have sufficient organizational awareness even when needed are not appropriate to the place, according to guestbook records. Friendly and polite administrative staff and don't discriminate in providing services. 3) Technical competence, related to the use of computers and the internet, administrative staff, for the most part, have not been managed, Computers also, in the use of the internet, are not suitable for work, or are used for personal purposes. Administrative staff use the internet to play mobile phones. Furthermore, in incoming mails whether it is good enough by arranging the letters in a closet which is quite neat and quite good easily in the search for letters that had been several years before.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tata Usaha ; Kompetensi
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 23 Apr 2021 06:53
Last Modified: 06 Aug 2021 07:40
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2875

Actions (login required)

View Item View Item