Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi fluida statis

Anggraini R., Selvia (2020) Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi fluida statis. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Selvia Anggraini- 1401130316.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas XI Mipa 6 SMAN 4 Palangka Raya menunjukkan bahwa siswa terlihat pasif dalam mengikuti pembelajaran dan cenderung hanya menerima apa yang disampaikan oleh guru saja. Siswa sulit untuk mengungkapkan ide atau pendapat ketika diberi pertanyaan untuk menjelaskan materi pembelajaran. Hasil wawancara dengan guru fisika diketahui bahwa masih banyak siswa yang mendapat nilai tidak tuntas pada saat ulangan harian sehingga berdampak pada nilai semester. Salah satu cara untuk memperbaiki keadaan ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran SFAE. SFAE merupakan suatu model pembelajaran yang menuntut siswa untuk menyampaikan ide/pendapat di depan kelas sehingga siswa lebih aktif dalam pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) aktivitas belajar siswa (2) pengelolaan pembelajaran (3) hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran SFAE.

Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan satu kelompok pretest-posttest (One-Group Pretest-Posttest Design). Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel yang dipilih yaitu kelas XI MIPA 6. Penelitian dilaksanakan di SMAN 4 Palangka Raya pada 18 September sampai 4 Oktober 2018 sebanyak Lima kali pertemuan. Instrument yang digunakan adalah instrument lembar pengamatan siswa, lembar pengelolaan pembelajaran, dan tes hasil belajar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada setiap pertemuan menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa pada tiap pertemuan RPP I,II, dan III berada pada kategori baik yaitu dengan nilai rata-rata aktivitas siswa berturut-turut sebesar 70,20%, 72,97% dan 76,77% (2) Pengelolaan pembelajaran menggunakan model SFAE pada pertemuan pertama RPP I menunjukan nilai rata- rata pengelolaan sebesar 3,41 dengan kategori cukup baik. Sedangkan pada pertemuan kedua RPP II dan pertemuan ketiga RPP III berturut- turut diperoleh nilai rata- rata sebesar 3,60 dan 3,71 dengan kategori baik (3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran SFAE.

Abstract

Based on the results of observations in class XI Mipa 6 at SMAN 4 Palangka Raya, it shows that students look passive in participating in learning and tend to only accept what the teacher says. Students find it difficult to express ideas or opinions when asked questions to explain learning material. The results of the interview with the physics teacher revealed that there were still many students who got incomplete scores during daily tests so that it had an impact on semester scores. One way to improve this situation is to apply the SFAE learning model. SFAE is a learning model that requires students to convey ideas / opinions in front of the class so that students are more active in learning.

This study aims to determine (1) student learning activities (2) learning management (3) student learning outcomes before and after using the SFAE learning model.

This research used a quantitative descriptive method with a research design using one group pretest-posttest (One-Group Pretest-Posttest Design). Sampling using purposive sampling, the sample chosen was class XI Mipa 6. The research was conducted at SMAN 4 Palangka Raya from 18 September to 4 October 2018 with five meetings. The instruments used were student observation sheets, learning management sheets, and learning outcomes tests.

The results showed that (1) at each meeting showed that the average student activity at each meeting of RPP I, II, and III was in the good category, namely with the average value of student activity in a row of 70.20%, 72, 97% and 76.77% (2) Learning management using the SFAE model at the first meeting of RPP I showed an average management value of 3.41 with a fairly good category. Whereas at the second meeting of RPP II and the third meeting of RPP III, respectively, the average score was 3.60 and 3.71 with good categories (3) there were differences in student learning outcomes before and after using the SFAE learning model.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model SFAE; Pengelolaan pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 25 Mar 2021 03:42
Last Modified: 25 Mar 2021 03:53
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2809

Actions (login required)

View Item View Item