Pembelajaran Tematik tema 8 (toleransi) pada kelas V MIN 5 Palangka Raya

Purnamasari, Emi (2019) Pembelajaran Tematik tema 8 (toleransi) pada kelas V MIN 5 Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Emi Purnamasari -1501170031.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari cara guru untuk menyampaikan suatu sikap toleransi pada mata pelajaran tematik tema 8. Pembelajaran tematik adalah beberapa kumpulan mata pelajaran yang diajarkan menjadi satu kali pertemuan, materi yang diajarkan biasanya saling berkaitan antara mata pelajaran satu dengan lainnya. Penelitian ini memfokuskan pada masalah 1) Bagaimana Pembelajaran Tematik Tema 8 (Toleransi) di kelas V MIN 5 Palangka Raya? 2) Bagaimana metode Pembelajaran Tematik Tema 8 (Toleransi) di kelas V MIN 5 Palangka Raya? 3) Faktor apa saja yang mempengaruhi Pembelajaran Tematik Tema 8 (Toleransi) di kelas V MIN 5 Palangka Raya?

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan cara guru menerapkan Nilai Toleransi Pada Mata Pelajaran Tematik Tema 8 (Toleransi) pada kelas V MIN 5 Palangka Raya; 2) Untuk mendeskripsikan metode guru dalam Pembelajaran Tematik Tema 8 (Toleransi) di kelas V MIN 5 Palangka Raya; 3) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan Nilai Toleransi Pada Mata Pelajaran Tematik Tema 8 (Toleransi) di kelas V MIN 5 Palangka Raya;

Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, dengan subjek penelitian 1 orang guru mata pelajaran tematik dan siswa kelas V. Data penelitian yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik pengabsahan data triangulasi dan dianalisis meliputi reduksi data, penyajian data, connclusion Drawing/Verification.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran tematik tema 8 (Toleransi) di kelas V dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat 3 (tiga) langkah yang sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yaitu, pembukaan, inti, dan penutup. 2) Metode pembelajaran tematik tema 8 (Toleransi) di kelas V, guru menggunakan beberapa metode sekaligus pada saat pembelajaran, seperti metode ceramah, tanya jawab, latihan, dan bermain peran. 3) Faktor yang mempengaruhi pembelajaran tematik tema 8 (Toleransi) di kelas V terdiri dari beberapa faktor, diantaranya: faktor lingkungan tempat tinggal, sekolah dan keluarga.

Abstract

This study departs from how the teacher to convey an attitude of tolerance on thematic subjects theme 8. Thematic learning is a collection of subjects taught into one meeting, the material taught is usually interrelated between subjects. In thematic learning there are several subjects taught in one meeting. This research focuses on problem 1) How is Thematic Learning Theme 8 (Tolerance) in class V MIN 5 Palangka Raya? 2) What is the Theme 8 (Tolerance) Thematic Learning method in class V MIN 5 Palangka Raya? 3) What factors influence Thematic Learning Theme 8 (Tolerance) in class V MIN 5 Palangka Raya?

This study aims: 1) To describe the way teachers apply Tolerance Values to Thematic Subjects Theme 8 (Tolerance) in class V MIN 5 Palangka Raya; 2) To describe the teacher's method in Theme 8 Thematic Learning (Tolerance) in class V MIN 5 Palangka Raya; 3) To describe the teacher's strategy in instilling Tolerance Values in Theme 8 Thematic Subjects (Tolerance) in class V MIN 5 Palangka Raya;

The approach of this research is qualitative, with research subjects 1 person thematic subject teachers and class V students. Research data obtained through observation, interviews, and documentation. Furthermore, the technique of validating triangulation and analyzed data includes data reduction, data presentation, connclusion Drawing/Verification.

The results of the study show that: 1) Thematic learning theme 8 (Tolerance) in class V in the implementation of learning there are 3 (three) steps in accordance with the Learning Implementation Plan (RPP), namely, opening, core, and closing. 2) Theme thematic learning method 8 (Tolerance) in class V, the teacher uses several methods at the same time during learning, such as lecture, question and answer, practice, and role playing methods. 3) Factors that influence thematic learning theme 8 (Tolerance) in class V consists of several factors, including: environmental factors of residence, school and family.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Tematik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 19 Mar 2021 02:34
Last Modified: 19 Mar 2021 02:34
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2803

Actions (login required)

View Item View Item