Strategi frontliner dalam mengoptimalkan Muamalat DIN (Digital Islamic Network) pada Bank Muamalat KC Palangka Raya

Riad, Ahmad (2020) Strategi frontliner dalam mengoptimalkan Muamalat DIN (Digital Islamic Network) pada Bank Muamalat KC Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Ahmad Riad - 1604110092.pdf

Download (2MB)

Abstract

Transformasi digitalisasi telah merambat diberbagai bidang salah satunya sektor perbankan. Dalam menyikapi hal ini Bank Muamalat meluncurkan sebuah fitur layanan berbasis aplikasi Mobile Banking Muamalat DIN. Namun dengan adanya fitur baru ini justru tidak memenuhi target pengguna yang ingin dicapai. untuk mengoptimalkan penggunaanya perlu adanya strategi yang digunakan khususnya frontliner. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji (1) Bagaimana Strategi frontliner dalam mengoptimalkan penggunaan Digitalisasi Islamic Network pada Bank Muamalat KC Palangka Raya; (2) Apakah yang menjadi kendala dan kemudahan yang dirasakan nasabah menggunakan Digitalisasi Islamic Network di Bank Muamalat KC Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana strategi yang digunakan untuk mengoptimalisasikan penggunaan Digital Islamic Network pada Bank Muamalat KC Palangka Raya; (2) apa kendala dan kemudahan yang dirasakan nasabah menggunakan Digital Islamic Network pada Bank Muamalat KC Palangka Raya.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pihak Bank Muamalat KC Palangka Raya khususnya di bagian Pelayanan atau frontliner 3 orang dan ditambah dengan 3 nasabah di Bank Muamalat Kota Palangka Raya.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, yaitu pengumpulan data dari informasi sejenis dari berbagai sumber yang berbeda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dalam mengoptimalkan Digital Islamic Network Bank Muamalat KC Palangka Raya. Pihak frontliner Bank Muamalat menerapkan strategi layanan dan pemasaran yang didalamnya menerapkan prinsip layanan dan menerapkan bauran pemasaran (marketing mix), dengan cara langsung mendatangi nasabah, ATM, SMS blast, sales call,dan mobile banking lama. (2) Berdasarkan strategi yang telah dilakukan pihak frontliner bank mestinya ada kendala dan kemudahan. Kendala yang dihadapi adalah sulitnya mengedukasi pihak lansia untuk menggunakan Muamalat DIN dan jaringan yang secara tiba-tiba down kemudian kepada nasabah yang mempunyai banyak rekening tabungan. Sedangkan kemudahan yang dirasakan adalah mengurangi transaksi di kantor dan memudahkan mengontrol saldo rekening.

Abstract

Digital transformation has spread through various field, one of them is in banking sector. Dealing with the issue, Muamalat Bank has launchedan application-based service, mobile bankingMuamalat DIN. However, the newly feature has not attained numbers of target users. In order to optimize the usage, there must be a strategy applied especially by the front liner. This research has been conducted to examine on (1) How are the front liner strategy in optimizing the usage of Islamic network digitalization on Palangka Raya Brach of Muamalat Bank; (2) What are the strength and weakness perceived by the client in using Islamic network digitalization on Palangka Raya Branch of Muamalat Bank. The aim of this research is to find out (1) How are the front liner strategy in optimizing the usage of Islamic network digitalization on Palangka Raya Brach of Muamalat Bank. (2) What are the strength and weakness perceived by the client in using Islamic network digitalization on Palangka Raya Branch of Muamalat Bank.

This research is a field studies using descriptive qualitative method. The subjects on this research are Palangka Raya Branch of Muamalat Bank specifically the customer service or 3 front liner and 3 clients of Palangka Raya Branch of Muamalat Bank. The data collecting technique includes observation, interview and documentation. The data verification applies source triangulation, in which the similar information taken from different sources.

The research findings show that (1) In optimizing the usage of Islamic Network digitalization on Palangka Raya Branch of Muamalat Bank, the front liner of Muamalat Bank service strategic and marketing strategy, they apply marketing mix, then the front liner carries out marketing or promotion by directly approaching the clients via mass media, ATM, SMS blast, sales call and previous mobile banking. (2) According to the strategy implemented by the front liner there must be strength and weakness. The weakness are difficulties in instructing elderly clients to use Muamalat DIN and the network suddenly goes down while registering and then for the client who are having multiple accounts. Meanwhile, the strengths are reducing number oftransactions in branch office andthe easiness in managing the account balance and transferring funds.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bank Syariah; Digital Islamic Network;Strategi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 18 Mar 2021 02:28
Last Modified: 18 Mar 2021 02:28
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2801

Actions (login required)

View Item View Item