Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Darul Amin Kota Palangka Raya

Rusmadi, Rusmadi (2020) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Darul Amin Kota Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Rusmadi - 19013259.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tenaga pendidik merupakan salah satu faktor utama yang menentukan mutu pendidikan sehingga diperlukan pengelolaan manajemen pembinaan mutu tenaga pendidik yang baik sehingga dapat mewujudkan suatu lembaga pendidikan yang memiliki tenaga pendidik yang berkualitas sesuai dengan kompetensinya. MTs Darul Amin Kota Palangka Raya secara terus menerus mengadakan pembinaan tenaga pendidik sehingga perlu diketahui manajemen strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Darul Amin Kota Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di MTs Darul Amin Kota Palangka Raya. Subyek penelitian adalah kepala madrasah. Informen penelitian adalah wakil kepala madrasah dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan metode; wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan metode trianggulasi metode dan sumber. Teknik analisa data menggunakan model interaktif terdiri; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan.

Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Perencanaan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru dilaksanakan dengan rapat yang melibatkan semua komponen sekolah berdasarkan analisis SWOT serta dijabarkan dalam bentuk RKAM serta mempunyai tujuan dan target. 2) Pelaksanaan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru terdapat program pelaksanaan yaitu program pembinaan mutu internal sekolah yang menyangkut peningkatan kualitas SDM guru baik dari sisi pembelajaran maupun performance guru 3) Pengawasan pembinaan mutu tenaga pendidik dilakukan oleh Kepala madrasah dan pengawas madrasah dari pengawas kementerian Agama Kota Palangka Raya sebagai monitoring seluruh aktifitas tenaga pendidik. Pembinaan mutu tenaga pendidik ini perlu tetap dilaksanakan secara berkelanjutan serta didukung oleh semua komponen sekolah dan instrumen pengawasan perlu dilengkapi sebagai bahan perbaikan.

Abstract

Educators are one of the main factors that determine the quality of Educator/teacher is one of measurements assessing quality of education. Its developments needed to create high quality human resource according to its competence. MTs Darul Amin Palangka Raya continuously manifested it, so researcher need to know the strategic management of madrasa in improving teacher performance at MTs Darul Amin Palangka Raya.

The research type used was qualitative research. It was conducted at MTs Darul Amin Palangka Raya. The research subjects were the headmaster of madrasa. The research informants were deputy head the of the madrasa and teacher. Data were collected using interview, observation and documentation. Validity of the data was checked by triangulation method. Analysis of data used an interactive model that consist of data collection, data reduction, data presentation and summarizing.

The result show that: 1) Strategic planning of madrasa headmaster in improving teacher performance is carried out in meetings involving all education components based on the SWOT analysis then described in the form of RKAM (madrasa budget work plan) including its goal and target; 2) The implementation of madrasa headmasters’ strategy in improving teacher performance also done by school internal quality coaching program; 3) Monitoring of all activities of teaching staff has been a measurement to assess the quality of teaching staff done by the madrasa headmaster also madrasa supervisors from the supervisor of the Ministry of Religion Palangka Raya. Sustainable quality guidance of teaching staff most to be carried out and supported by elaborated supervision instruments.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Guru;Pembinaan Mutu Pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 02 Mar 2021 03:07
Last Modified: 02 Mar 2021 03:07
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2786

Actions (login required)

View Item View Item