Manajemen Pendidikan Berbasis Madrasah(MPBM) pada madrasah ibtidaiyah negeri 4 Kota Palangka Raya tahun pelajaran 2019/ 2020

Irawan, Dedy (2020) Manajemen Pendidikan Berbasis Madrasah(MPBM) pada madrasah ibtidaiyah negeri 4 Kota Palangka Raya tahun pelajaran 2019/ 2020. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Dedy Irawan - 18013231.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manajemen Pendidikan Berbasis Madrasah (MPBM) merupakan suatu konsep pengelolaan madrasah dalam meningkatkan pengelolaan madrasah berdasarkan prinsip kemandirian, kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas. MIN 4 Kota Palangka Raya merupakan salah satu madrasah yang menerapkan konsep MPBM. Penulis tertarik untuk mengungkap lebih dalam tentang MPBM pada MIN 4 Kota Palangka Raya dalam upaya meningkatkan pengelolaan madrasah.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa proses 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, dan 3) Pengawasan MPBM pada MIN 4 Kota Palangka Raya tahun pelajaran 2019/2020.

Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif, yaitu sebuah prosedur penulisan yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan, serta orang-orang dan perilaku yang dapat diamati serta diarahkan pada latar alamiah secara menyeluruh. Data primer diperoleh dari wawancara, sedangkan sumber data sekunder melalui observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data menggunakan trianggulasi.

Manajemen Pendidikan Berbasis Madrasah (MPBM) yang baik haruslah sesuai dengan prinsip MPBM, yaitu partisipasi, transparansi, dan akuntabel. Berdasarkan hasil analisis penelitian MPBM di MIN 4 Kota Palangka Raya dapat disimpulkan bahwa 1) Perencanaan MPBM pada MIN 4 Kota Palangka Raya sudah berjalan dengan baik. perencanaan MPBM sudah sesuai dengan prinsip MPBM. Perencanaan dilakukan secara demokratis yang secara tidak langsung telah melibatkan seluruh stakeholder yang ada di MIN 4 Kota Palangka Raya. 2). Pelaksanaan MPBM pada MIN 4 Kota Palangka Raya telah berjalan dengan baik, semua perencanaan program telah dilaksanakan dengan baik, walaupun ada beberapa program yang belum terlaksana, hal ini disebabkan keterbatasan waktu, biaya, dan hal yang tidak terduga. 3). Pengawasan MPBM pada MIN 4 Kota Palangka Raya berjalan dengan baik. walaupun ada kekurangan hal ini disebabkan kurangnya komunikasi antara stakeholder yang ada di MIN 4 Kota Palangka Raya.

Abstract

Madrasah Based Education Management (MBEM) is a concept of madrasah management in improving madrasah management based on the principles of independence, partnership, participation, openness, and accountability. MIN 4 Palangka Raya City is one of the madrasas that applies the MBEM concept. The author is interested in revealing more about the MBEM at MIN 4 Palangka Raya City to improve madrasah management.

This study aims to analyze the processes of 1) Planning, 2) Implementation and 3) Supervision of MBEM at MIN 4 Palangka Raya City for the 2019/2020 academic year.

This study uses a qualitative descriptive method, which is a writing procedure that produces descriptive data in the form of written or spoken words, as well as people and behavior that can be observed and directed to natural settings as a whole. Primary data were obtained from interviews, while secondary data sources were obtained through observation and documentation. Data processing is done by reducing, presenting data, and drawing conclusions. To ensure the validity of the data using triangulation.

Good madrasah-based quality management (MBEM) must be following the principles of MBEM, namely participation, transparency, and accountability. Based on the analysis of the MPBM research at MIN 4 Palangka Raya City, it can be concluded that 1) MBEM planning at MIN 4 Palangka Raya City has been going well. MBEM planning is following MBEM principles. Planning is carried out in a democratic manner that indirectly involves all stakeholders in MIN 4 Palangka Raya City. 2). The implementation of the MBEM at MIN 4 Palangka Raya City has been going well, all program planning has been carried out well, although several programs have not been implemented, this is due to time constraints, costs, and unexpected things. 3). MBEM supervision at MIN 4 Palangka Raya City is running well. although there is a deficiency this is due to a lack of communication between stakeholders in MIN 4 Palangka Raya City.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pendidikan; Pengelolaan Madrasah
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 02 Mar 2021 02:46
Last Modified: 02 Mar 2021 02:46
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2785

Actions (login required)

View Item View Item