Penggunaan model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran fikih di MTs Raudhatul Jannah Palangka Raya

Fitri, Fitri (2020) Penggunaan model pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran fikih di MTs Raudhatul Jannah Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Fitri -1601112067.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran merupakan hal yang penting. Seorang guru harus memilih model pembelajaran yang tepat agar proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Namun, pada kenyataannya guru masih cenderung menggunakan model pembelajaran yang bersifat konvensional sehingga siswa menjadi kurang beminat dan menjadi tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran salah satunya pada mata pelajaran Fikih, padahal minat termasuk faktor yang berpengaruh dalam keberhasilan belajar siswa. oleh karena itu, model yang dapat dijadikan solusi untuk permasalahan ini adalah model pembelajaran picture and picture. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Picture and Picture pada mata pelajaran Fikih di MTs Raudhatul Jannah Palangka Raya? (2) Apakah pelaksanaan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan minat siswa pada mata pelajaran Fikih di MTs Raudhatul Jannah Palangka Raya?

Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan rancangan non equivalent control group design, yaitu desain yang menggunakan pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa angket yang sudah divalidasi dan di uji cobakan sebelum digunakan dalam penelitian. Sedangkan sampel di dalam penelitian ini berjumlah 51 orang siswa kelas VII di MTs Raudhatul Jannah Palangka Raya. Adapun pembagiannnya 26 siswa sebagai kelas kontrol dan 25 siswa sebagai kelas eksperimen. Selanjutnya analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan rumus uji “t”.

Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penggunaan model pembelajaran picture and picture termasuk dalam kategori sangat baik sesuai dengan rata-rata hasil tanggapan dari peserta didik. (2) Terdapat peningkatan minat siswa setelah digunakan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran Fikih, yang dapat dilihat dari hasil analisis uji hipotesis dengan menggunakan uji t test dengan nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,009. Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi < 0,05. Dengan demikian hasil uji ini adalah Ho ditolak dan Ha diterima atau ada peningkatan minat siswa setelah digunakan model pembelajaran picture and picture pada mata pelajaran Fikih pada kelas VII di MTs Raudhatul Jannah Palangka Raya.

Abstract
The use of learning models in learning activities is important. A teacher must choose the right learning model so that the teaching and learning process is in accordance with the desired goals. However, in reality teachers still tend to use conventional learning models so that students become less interested and become inactive in participating in learning, one of which is in Islamic Civilization History, even though interest is a factor that influences student learning success. Therefore, the model that can be used as a solution to this problem is thelearning model picture and picture. The formulation of the problems of this research are (1) How is the implementation of thelearning model Picture and Picture in the Fiqh subject at MTs Raudhatul Jannah Palangka Raya. (2) Can the implementation of thelearning model Picture and Picture increase student interest in Fiqh subjects at MTs Raudhatul Jannah Palangka Raya.

This study used a quasi-experimental design with a non-equivalent control group design, namely a design that used a pretest and posttest in the control class and the experimental class. The instrument used in this study was a validated questionnaire and tested before being used in the study. While the sample in this study amounted to 51 class VII students at MTs Raudhatul Jannah Palangka Raya. As for the distribution of 26 students as the control class and 25 students as the experimental class. Furthermore, the data analysis used to test the hypothesis is to use the "t" test formula.

The results of the study indicate (1) the use of the learning model is picture and picture in the very good category according to the average response results of students. (2) there is an increase in student interest after the use of the learning model picture and picture in Fiqh subjects, which can be seen from the results of the analysis of the hypothesis test using the t test with a significance value (2-tailed) are 0.009. Indicates that the significance value <0.05. So the decision of these test results is Ho rejected and Ha accepted or increase student interest after use learning model picture and picture on the subjects of Fiqh in class VII MTs Raudhatul Jannahh Palangka Raya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Minat Belajar ; Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 11 Feb 2021 03:03
Last Modified: 11 Feb 2021 03:03
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2762

Actions (login required)

View Item View Item