Sudarto, Sudarto (2020) Strategi pembelajaran bahasa arab pada masa pandemi covid-19 di MTSN 1 Pulang Pisau. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Tesis Sudarto - 17016081.pdf Download (1MB) |
Abstract
Coronavirus disease 2019 (Covid-19) pada saat ini menjadi masalah kesehatan dunia, begitu juga pada dunia pendidikan, berdasarkan keterangan guru Bahasa Arab MTsN 1 Pulang Pisau, menyatakan bahwa sangat kesulitan menyesuaikan sistem pembelajaran pada masa pandemi yang melarang pembelajaran dengan tatap mukan sehingga memaksa para guru untuk melakukan adaptasi dengan singkat dan memaksimalkan semua potensi yang ada, hal ini mengakibatkan munculnya berbagai problem dalam proses pemelajaran yang dilakukan, baik problem dari siswa, guru maupun sarana pendukung. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk Untuk 1) Mendiskripsikan strategi pembelajaran Bahasa Arab pada masa pandemi Covid-19 di MTsN 1 Pulang Pisau 2) Utnuk menganalisis kendala yang dihadapi guru bahasa Arab dalam melaksanakan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di MTsN 1 Pulang Pisau. 3) Untuk menganalisis strategi guru bahasa arab dalam mengatasi kendala dalam pelaksanakan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 di MTsN 1 Pulang Pisau.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis kualitatif deskriptif. Tempat penelitian di MTsN 1 Pulang Pisau, dengan subjek penelitian adalah guru Bahasa Arab dan informan penelitian adalah kepala sekolah dan siswa kelas VII di MTsN 1 Pulang Pisau. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik pengabsahan data menggunakan teknik trianggulasi yaitu triangulasi sumber data metode, kemudian teknik analisis data dilakukan beberapa tahap yaitu data Collection, data Reduction, data Display dan Conclusions Drawing/ Verifying.
Hasil temuan penelitian adalah: 1) Strategi pembelajaran Bahasa Arab pada masa pandemi Covid-19 di MTsN 1 Pulang Pisau yaitu strategi pembelajaran dengan menggunakan Metode project based learning, strategi pembelajaran dengan menggunakan system daring, strategi dengan menggunakan sistem luring dengan metode dor to dor. 2) Kendala dalam penerapan strategi pembelajaran Bahasa Arab pada masa pandemi Covid-19 di MTsN 1 Pulang Pisau yaitu kendala yang bersumber dari faktor internal dan eksternal, faktor internal yaitu perhatian, minat, motifasi dan kesiapan siswa menerima pembelajaran dengan konsepyang baru. Sedangkan faktor eksternal yaitu dari aspek keluarga, aspek sekolah dan aspek masyarakat. 3) Penyelesaian problem penerapan strategi pembelajaran Bahasa Arab pada masa pandemi Covid-19 di MTsN 1 Pulang Pisau adalah dengan memfokuskan permasalahan yang timbul dari dimensi siswa yaitu dengan cara memberikan hadiah/ reword utnuk mengatasi kurangnya minat belaajar dan motivasi siswa serta memberikan kuota gratis bagi siswa yang benar-benara membutuhkan untuk mengatasi permasalahan menganai banyaknya biaya yang harus dikeluarkan siuswa.
Coronavirus disease 2019 (Covid-19) is currently a world health problem, as well as in the world of education, based on the description of the MTsN Arabic 1 Pulang Pisau teacher, which is very difficult to adjust the learning system during the pandemic which helps face-to-face learning so that the displacement of the teachers to adapt in a nutshell and maximize all existing potential, this results in various problems in the learning process carried out, both problems from students, teachers or supporting facilities. Based on this, this study aims to 1) describe the Arabic language learning strategy during the Covid-19 pandemic at MTsN 1 Pulang Pisau 2) To analyze the relationship with Arabic teachers in carrying out learning during the Covid-19 pandemic at MTsN 1 Pulang Pisau . 3) To analyze the strategies of Arabic teachers in overcoming problems in implementing learning during the Covid-19 pandemic at MTsN 1 Pulang Pisau.
This research uses a qualitative approach, with a descriptive qualitative type. The research site was at MTsN 1 Pulang Pisau, with the research subject being an Arabic teacher and research informants were the principal and grade VII students at MTsN 1 Pulang Pisau. The data collection techniques used observation, interview and documentation techniques, while the data validation technique used triangulation techniques, namely triangulation of data sources, then the data analysis technique was carried out in several stages, namely data collection, data reduction, data display and conclusions drawing / verification.
The results of the research findings are: 1) Arabic learning strategies during the Covid-19 pandemic at MTsN 1 Pulang Pisau namely learning strategies using project based learning methods, learning strategies using online systems, strategies using offline systems with the bam to bam method. 2) Constraints in implementing Arabic learning strategies during the Covid-19 pandemic at MTsN 1 Pulang Pisau, namely constraints originating from internal and external factors, internal factors, namely attention, interest, motivation and student readiness to accept learning with new concepts. Meanwhile, external factors include family, school and community aspects. 3) The solution to the problem of implementing Arabic learning strategies during the Covid-19 pandemic at MTsN 1 Pulang Pisau is by focusing on problems arising from the student dimension, namely by giving gifts / rewords to overcome the lack of interest in learning and student motivation and providing free quotas for students who really need to overcome the problem of the many costs that must be paid by students.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran; Covid 19 |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040999 Arabic Linguistics not elsewhere classified |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 11 Feb 2021 01:34 |
Last Modified: | 11 Feb 2021 01:34 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2760 |
Actions (login required)
View Item |