Peran guru pai dalam membangun moderasi beragama di SDN Beriwit 4 dan SDN Danau Usung 1 Kabupaten Murung Raya

Akbar, Achmad (2020) Peran guru pai dalam membangun moderasi beragama di SDN Beriwit 4 dan SDN Danau Usung 1 Kabupaten Murung Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Achmad Akbar- 1701112210.pdf

Download (2MB)

Abstract

Moderasi beragama sebagai cara pandang mampu menjadi solusi untuk saling terbuka, menerima perbedaan, dan menjaga kerukunan antar umat beragama. Penguatan moderasi ini juga sebaiknya dikenalkan sejak dini kepada murid agar tidak mudah terpengaruh dengan pemikiran beragama yang radikal dan menutup diri dengan agama lain melalui peran seorang guru agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru PAI dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam membangun moderasi beragama di Sekolah Dasar Kabupaten Murung Raya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dekriptif. Tempat penelitin adalah SDN Beriwit 4 dan SDN Danau Usung 1 yang memiliki kriteria yang tepat dalam penelitian ini. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan dan menarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Peran guru PAI dalam membangun moderasi beragama di SDN Beriwit 4 dan SDN Danau Usung 1 Kabupaten Murung Raya meliputi: a. Conservator sebagai guru PAI bertanggung jawab akan sikapnya, b. Transmiter (penerus) guru PAI bertindak sebagai motivator dan pembimbing, c. Innovator (pengembang) guru PAI berkolaborasi dengan semua guru dari berbagai agama, d. Organizer (pelaksana) guru melaksanakan kegiatan yang diinovasikan, e. Transformator, guru PAI menerjemahkan nilai dengan menjadi figur untuk murid; 2. Nilai moderasi beragama yang dibagun meliputi; adil (adl), seimbang (tawazun), kesederhanaan (I’tidal), kesatuan dan persaudaraan (ittihad wa ukuwah). 3. Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membangun moderasi beragama di sekolah meliputi: Faktor Pendukung yaitu terdapat pada diri guru PAI, memiliki kapasitas diri dan pengalaman yang sangat mendukung untuk membangun moderasi beragama. Kemudian lingkungan masyarakat yang mendukung terhadap kegiatan sekolah, terkhusus kegiatan keagamaan. Adapun faktor penghambat antara lain usia murid sangat berpengaruh untuk pelaksanaan program bina keagamaan, karena murid baru cenderung masih beradaptasi untuk bersekolah. Terbatasnya fasilitas sekolah, sebagai tempat proses pembimbingan keagamaan seperti tidak memiliki musolla, yang membuat guru harus lebih kreatif dalam memberi pembinaan keagamaan di sekolah.

Abstract

Religion moderation as perspective able to be the right solution for openness, mutual acceptance, and harmony between religions. Affirmation of religion moderation is also better introduced by early-stage students as they are not easily influenced by radical religious thinking and shutting themselves off from other religions by Islamic education teachers role. This research aims to describe Islamic education teachers' role in building religious moderation values in elementary school Kabupaten Murung Raya and to know supporting factors and inhibiting factors for building religious moderation values in elementary school Kabupaten Murung Raya.

This research use a descriptive qualitative approach. Place of this research are SDN Beriwit 4 and SDN Danau Usung 1 which have the right criteria in this study. Data collection with a way interview and documentation technique. Data analysis, in a way data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing. Data validity was done by using the triangulation of sources and techniques.

The results of this research were showing: 1. The Role of Islamic education teachers for building religion moderation in SDN Beriwit 4 and SDN Danau Usung 1 Kabupaten Murung Raya is: a. The conservator as a PAI teacher is responsible for his attitude, b. The PAI teacher transmitter (successor) acts as a motivator and guide, c. PAI teacher innovators (developers) collaborate with all teachers from various religions, d. Teacher organizer (executor) carries out innovative activities, e. Transformers, Islamic Education teachers translate values into figures for students; 2. The values of religious moderation that are built include; fair (adl), balance (tawazun), simplicity (I'tidal), unity and brotherhood (ittihad wa ukuwah). 3. Supporting factors and inhibiting factors for building religion moderation values in elementary school Kabupaten Murung Raya, involve: Supporting aspects that are from the teachers themselves, they have the capacity of selves and experience to supporting for building religion moderation values. And then the community environment, expressed support for activities in school, especially religious activities. Inhabiting factors that the students, age of the student, is very influential for implementing a religious development program because the new student tends to still adapt to schooling. And then the school, as a place teaching and learning process. Facilities are still lacking for school in Kabupaten Murung Raya. All of the elementary schools are not have musolla. That makes a teacher have to creative for developing religious activities at school.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama; Peran Guru PAI
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 09 Feb 2021 03:04
Last Modified: 09 Feb 2021 03:04
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2756

Actions (login required)

View Item View Item