Pembelajaran matematika melalui permainan tradisional pada siswa kelas ii di SDN 2 Kuala Pembuang

Dilla, Dilla (2020) Pembelajaran matematika melalui permainan tradisional pada siswa kelas ii di SDN 2 Kuala Pembuang. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Dilla - 1601170036.pdf

Download (654kB)

Abstract

Pembelajaran matematika adalah suatu proses dalam mengajarkan matematika kepada peserta didik yang di dalamnya terkandung upaya guru untuk menciptakan pelayanan terhadap potensi, dan kebutuhan peserta didik tentang matematika yang beragam, agar terjadi interaksi optimal antara guru dengan peserta didik serta dalam mempelajari matematika tersebut maka harus didukung dengan metode yang menyenangkan untuk siswa agar siswa menjadi bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran salah satunya melalui permainan tradisional.

Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika melalui permainan tradisional intingan pada siswa kelas 2 di SDN 2 Kuala Pembuang. (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran matematika melalui permainan tradisional. (3) Mengetahui pengetahuan siswa tentang macam-macam bangun datar di SDN 2 Kuala Pembuang setelah penerapan permainan tradisional.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data melalui Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Subjek penelitian adalah guru wali kelas 2A dan 2B. Adapun pengabsahan data yang digunakan adalah triangulasi metode. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan pembelajaran matematika melalui permainan tradisional pada siswa kelas 2 di SDN 2 Kuala Pembuang yang diterapkan oleh guru terdapat 8 langkah diantaranya: guru menyampaikan tujuan pembelajaran; melakukan hompimpa; guru menyiapkan alat dan bahan permainan tradisional; guru menjelaskan aturan permainan; memberikan contoh; memulai permainan; guru memberi semangat; evaluasi; 2) Faktor yang mendukung pelaksanaan pembelajaran matematika melalui permainan tradisional adalah sarana dan prasarana yaitu dengan halaman yang luas sangat mendukung, dan kepala sekolah mendukung terlaksananya kegiatan pembelajaran matematika melalui permainan tradisional dengan memperbaiki pola permainan. Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran matematika melalui permainan tradisional adalah keterbatasan waktu, kegiatan yang banyak dan jumlah anak yang bermain besar; 3) sebelum melalui permainan tradisional siswa hanya mengetahui dan kenal bangun datar yaitu persegi dan persegi panjang. Setelah pelaksanaan pembelajaran melalui permainan tradisional pengetahuan siswa tentang macam-macam bangun datar menjadi berkembang sehingga siswa sudah mengetahui bangun datar yang lain seperti segitiga, trapesium, belah ketupat, dan lingkaran.

ABSTRACT

Learning mathematics is a process in teaching mathematics to students in which it contains the teacher's efforts to create services for the potential and needs of students about diverse mathematics, so that optimal interaction occurs between teachers and students and in learning mathematics it must be supported by a fun method for students so that students become excited about participating in learning activities, one of which is through traditional games.

The purpose of this study was to (1) Know the implementation of mathematics learning through traditional intingan games for grade 2 students at SDN 2 Kuala Pembuang. (2) Knowing the supporting and inhibiting factors in the implementation of mathematics learning through traditional games. (3) Knowing the students' knowledge of various flat shapes at SDN 2 Kuala Pembuang after the application of traditional games.

This research uses qualitative research methods, data collection techniques through observation, interview and documentation techniques. The data sources used were primary data sources and secondary data sources. The research subjects were homeroom teachers in classes 2A and 2B. The data validation used is method triangulation. Then the data were analyzed using the data analysis technique model of Miles and Huberman.

The results showed: 1) The implementation of mathematics learning through traditional games for grade 2 students at SDN 2 Kuala Pembuang which was implemented by the teacher, consisted of 8 steps including: the teacher conveyed the learning objectives; perform hompimpa; the teacher prepares traditional game tools and materials; the teacher explains the rules of the game; provide examples; start the game; the teacher gives encouragement; evaluation; 2) The factors that support the implementation of mathematics learning through traditional games are facilities and infrastructure, and the principal supports the implementation of mathematics learning activities through traditional games. The inhibiting factors for the implementation of mathematics learning through traditional games are time constraints, large number of activities and the number of children playing big; 3) before going through traditional games, students only know and recognize flat shapes, namely squares and rectangles. After the implementation of learning through traditional games, students' knowledge of various types of shapes develops so that students already know other flat shapes such as triangles, trapezoid, rhombus, and circle.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran matematika
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 06 Feb 2021 02:00
Last Modified: 06 Feb 2021 02:00
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2747

Actions (login required)

View Item View Item