Supervisi klinis kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 3 Sampit

Susanti, Susi (2020) Supervisi klinis kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 3 Sampit. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Tesis Susi Susanti - 17013183.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di SMP Negeri 3 Sampit terdapat beberapa guru yang memiliki kinerja kurang baik,sehingga untuk mengatasi masalah kinerja guru yang kurang baik tersebut kepala sekolah SMP Negeri 3 Sampit melakukan supervisi klinis. Setelah pelaksanaan supervisi klinis guru yang memiliki kinerja kurang baik menjadi baik. Sehingga supervisi klinis ini penting untuk dilaksanakan. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana gambaran kinerja guru sebelum supervisi klinis kepala sekolah di SMP Negeri 3 Sampit.2) Bagaimana perencanaan supervisi klinis kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 3 Sampit. 2) Bagaimana pelaksanaan supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja di SMP Negeri 3 Sampit. 3) Bagaimana kinerja guru setelah dilaksanaan supervisi klinis di SMP Negeri 3 Sampit?

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi, penelitian ini menggunakan 4 tahapan analisis, yaitu : collecting data, reduction, data display, dan data conclusion drawing/verification.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Gambaran kinerja guru sebelum dilaksanakan supervisi klinis yaitu dari 45 guru di SMP Negeri 3 Sampit, 25 orang guru memiliki kinerja baik dan 17 guru memiliki kinerja cukup serta 3 orang guru yang memiliki kinerja kurang. 2)Perencanaan Program supervisi klinis di SMP Negeri 3 Sampit sudah dilaksanakan dengan baik, kepala sekolah sudah membuat rencana, menyusunan program dan menjalankan program supervisi klinis. Dalam perencanaan ini kepala sekolah melibatkan Wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan beberapa guru senior yang ada disekolah ini. Program yang direncanakan kepala sekolah dalam melakukan supervisi klinis itu ada perminggu, perbulan dan persemester. Supervisi klinis yang ditelah dilaksanakan oleh kepala sekolah di SMP Negeri 3 Sampit sangat memberikan keuntungan kepada guru-guru, sehingga guru mengetahui akan kelemahan dan kekurangannya dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik yang profesional. Dengan mengetahui kekurangannya guru tersebut berusaha memperbaiki kemampuannya secara bertahap. 3)Pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri 3 Sampit hal ini dapat dilihat terwujudnya kompetensi professional guru di sekolah yang mencakup keterampilan guru dalam menyusun rencana pembelajaran, mengelola dan melaksanakan pembelajaran serta melakukan evaluasi pembelajaran yang merupakan indikator guru professional. Kinerja guru melalui pelaksanaan supervisi klinis sudah berjalan dengan baik dan sudah sesuai dengan prosedur sebagaimana mestinya yaitu melalui persiapan awal, pertemuan awal, proses supervisi dan pertemuan balikan. 4)Kinerja guru setelah dilaksanakan supervisi klinis oleh kepala sekolah mengalami peningkatan yang signifikan dari kriteria kinerja kurang menjadi baik.

ABSTRACT

In SMP Negeri 3 Sampit, there are several teachers who are not performing well, so to overcome the problem of poor teacher performance, the principal at SMP Negeri 3 Sampit conducts clinical supervision. After the implementation of clinical supervision, teachers who have poor performance become good. So that clinical supervision is important to carry out. The problems raised in this study are: 1) What is the conditoin of teacher performance before clinical supervision of the principal at SMP Negeri 3 Sampit. 2) How is the planning of principal clinical supervision in improving teacher performance in SMP Negeri 3 Sampit . 2) How is the implementation of clinical supervision in improving performance in SMP Negeri 3 Sampit. 3) How is the teacher's performance after the implementation of clinical supervision at SMP Negeri 3 Sampit?

This study uses qualitative methods, and data collection techniques through observation, interviews and documentation. The data validation technique uses triangulation. This study uses 4 stages of analysis, namely: collecting data, reduction, display data, and data conclusion drawing / verification.

The results of this study indicate that: 1) The description of teacher performance before clinical supervision is carried out, namely from 45 teachers at SMP Negeri 3 Sampit, 25 teachers have good performance and 17 teachers have sufficient performance and 3 teachers have poor performance. 2) The implementation of principal clinical supervision of teacher performance at SMP Negeri 3 Sampit has be done, it can be seen in the realization of teacher professional competence in schools that includes teacher skills in developing lesson plans, managing and implementing learning and evaluating learning. These are some indicators of professional teachers. The implementation of clinical supervision in improving teacher performance at SMP Negeri 3 Sampit can be concluded as follows that the teacher's performance through the implementation of clinical supervision has gone well and it is suitable with the proper procedures, such as initial preparation, initial meetings, supervision processes and feedback meetings. 3) The concept of clinical supervision that is effectively carried out is: a. Build a harmonious relationship between supervisor and teacher, so that during the implementation of supervision activities can run well. b. Build teacher awareness of responsibility and professional attitude in carrying out tasks. c. Developing human resource capabilities by including teachers in training activities, seminars and in subject teacher deliberations. 4) Teacher performance after clinical supervision by the principal has increased significantly from poor performance criteria to good.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kinerja guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 06 Feb 2021 01:47
Last Modified: 06 Feb 2021 04:15
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2746

Actions (login required)

View Item View Item